Kehidupan Masyarakat Terus Diperbaiki Lewat Program ‘Tangerang Berbenah’

Tangerang
Grafis: Radar Banten
TANGERANG – Walikota Tangerang Arief R Wismansyah melalui kebijakannya di Pemkot Tangerang terus meningkatkan kesejahteraan hajat hidup orang banyak. Dengan program Tangerang Berbenah, diharapkan kesejahteraan kehidupan masyarakatnya berubah.

Dalam program Tangerang Berbenah disebutkan ada lingkup kegiatan utama yang menjadi fokus kegiatan, yakni pembangunan penerangan jalan umum (PJU), jalan lingkungan, drainase, bedah rumah dan pembangunan sarana sanitasi atau MCK. Program tersebut dilaksanakan dari usulan masyarakat selanjutnya diproses melalui tahapan musyawarah pembangunan (musrenbang), baik di tingkat kelurahan, kecamatan maupun tingkat Kota Tangerang.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan program Tangerang Berbenah ini filosofinya sederhana yaitu berbenah atau beres-beres. Pada dasarnya konsep program Tangerang Berbenah ini mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018 yang bertujuan untuk mewujudkan Tangerang LIVE (liveable, investable, visitable, e-city). Seluruh program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas taraf hidup seluruh masyarakat Kota Tangerang.

“Kami targetkan dalam tiga tahun ke depan, konsep Tangerang LIVE ini terealisasi dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Kota Tangerang,” tandasnya.

Dijelaskan Arief, ada sejumlah program yang digagas Pemkot Tangerang guna mendukung gerakan Tangerang Berbenah. Di antaranya, program peningkatan kawasan kumuh perkotaan (PPK2P). Contohnya dengan melakukan bedah rumah milik warga kurang mampu. “Kita menargetkan dalam waktu tiga bulan gerakan Tangerang Berbenah ini bisa diselesaikan. Ini yang kita dorong untuk bisa diselesaikan dengan baik,” katanya.

Sekda Kota Tangerang Dadi Budaeri menjelaskan, Tangerang Berbenah ini tujuannya agar hak-hak dasar masyarakat bisa terpenuhi. Seperti tempat tinggal, penerangan, dan sebagainya. Nah, dengan adanya program itu masyarakat dapat merasakan secara nyata apa yang dirasakan. “Kita ingin kesejahteraan masyarakat meningkat dengan adanya program ini. Apalagi usulan kegiatannya berasal dari masyarakat,” ungkapnya.

Dirinya yakin program ini akan berjalan sukses dan lancar. Selain itu semua masyarakat merasakan manfaat dari program ini. “Kita ingin program dapat berjalan lancar dan warga dapat merasakan langsung dari pemerintah,” ujarnya. (RB/mg-17-dus/dai)