Keindahan Terjaga, Kebersihan Kurang di RT 05 Cibetik

0
356 views

TAKTAKAN – Masih indah. Kondisi itu dipertahankan oleh warga RT 05 RW 03, Lingkungan Cibetik, Kelurahan Cilowong, Kecamatan Taktakan. Hal ini terlihat di ketika Tim 9 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang   menilai kampung ini, Rabu (2/9).

Ketua RT 05 yang langsung menyambut kedatangan tim juri. Dia langsung mengiringi tim juri berkeliling kampung.

Keindahan yang dijaga warga kampung ini terlihat dari taman bacanya. Warna-warni. Jalanan di kampung inipun dihias dan ditanami tanaman hias.

Hasil penilaian tim juri, yang baru di kampung ini adalah gapura. “Secara umum, penataan di cibetik bagus. Kendala mereka adalah lingkungannya kebanyakan tanaman keras atau tanaman yang langsung ditanam ke tanah. Sehingga, warga khususnya ibu-ibu, perlu lebih keras lagi membersihkan lingkungannya dari daun-daun yang rontok,” kata Yuli Yuliani, tim juri.

Dengan banyak pohon, Yuli menyarankan agar warga RT 05 lebih rajin lagi membersihkan lingkungannya. Warga mesti menyapu setiap pagi dan sore hari. Saran ini karena beberapa sudut RT 05 belum bersih. Sampah daun masih ditemukan.

”Jadi harus ada juga kegiatan kerja bakti menyapu daun-daun yang rontok setiap hari, biar sampah daunnya tidak menumpuk,” tambah Yuli.

Dari segi keamanan, secara umum, kampung ini dinilai sudah bagus. RT 05 telah memiliki kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan. Kedua kelompok juga telah disahkan oleh Lurah Cilowong.

”Diharapkan kelompok tersebut bisa aktif, sehingga persoalan yang terjadi di Lingkungan Cibetik bisa dengan mudah ditangani,” kata Bripka Isjuanto, juri perwakilan dari Polres Serang Kota.

“Yang perlu ditingkatkan itu sarana dan prasarana pos ronda. Tadi (kemarin-red) saya lihat cuma ada jadwal ronda sama kentongan,” tambah Isjuanto. (rio/don)