Kejuaraan Antar-Pelajar se-Banten: 321 Karateka Unjuk Kemampuan

0
2.326 views
Walikota Serang Syafrudin (lima dari kiri) membuka Kejuaraan Karate Terbuka Antarpelajar Se-Banten dengan memukul gendang, Sabtu (1/2).

SERANG – Sebanyak 321 karateka unjuk kemampuan pada Kejuaraan Karate Terbuka Antar-Pelajar Se-Banten, Sabtu (1/2). Kejuaraan yang digelar oleh Pengurus cabang (Pengcab) Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (FORKI) Kota Serang itu sebagai persiapan menyambut Popda 2020.

Ketua Umum (Ketum) Pengcab FORKI Kota Serang Joe Manalu mengatakan, seluruh peserta berasal dari 27 klub di delapan kabupaten/kota-se Banten. Kejuaraan berlangsung di GOR Korem 064 Maulana Yusuf tersebut. Mempertandingkan nomor kata dan kumite. Dengan kelas usia dini, pemula, kadet, dan junior.

“Kejuaraan ini sebagai tolok ukur dan ajang evalusi bagi atlet untuk menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2020 di Kota Serang. Sehingga adik-adik pelajar ini bisa meningkatkan kemampuannya sebelum Popda Banten dimulai Juli nanti,” kata Joe.

Joe bersyukur kejuaraan yang digelar disambut antusias oleh masyarakat. Bahkan jumlah peserta tercatat melampui target yang diperkirakan sebelumnya. Joe mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung suksesnya kejuaraan tersebut

“Target kamj sebelummnya peserta hanya mencapai 200. Ternyata animo masyarakat cukup tinggi untuk mengikuti kejuaraan ini. Saya juga berterimakasih kepada Walikota Serang, Danrem, Dispora Banten, dan Ketua DPRD Banten yang telah mendukung kejuaraan ini,” ungkap Joe.

Walikota Serang Syafrudin usai membuka kejuaraan tersebut, mengimbau agar para peserta menjunjung sportivitas dalam pertandingan. Bukan hanya mengejar prestasi, namun juga dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi antar karateka.

“Anak-anak semuanya harus bisa melaksanakan aturan pertandingan dengan baik. Sehingga pertandingan berjalan lancar dan menghasilkan juara yang siap membela Banten bukan hanya di tingkat nasional bahkan internasional,” jelas Syafrudin.

Sedangkan khusus untuk karateka Kota Serang, Syafrudin berharap akan muncul atlet yang akan membawa Kota Serang menjadi juara pada Popda Banten di Kota Serang Juli nanti.

“Kalau menurut ambisi, karateka Kota Serang harus lebih baik dari yang lainnya pada Popda nanti. Harapannya bisa juara umum,” harap Syafrudin. (rbs/nda/ags)