CILEGON – SMKN 1 Kota Cilegon sukses merebut juara pertama kejuaraan prestasi cabang olahraga futsal, Kamis (15/8). Hasil membanggakan itu diraih setelah menaklukan klub New Konsisten di partai final dengan skor 6-2. 

Kejuaraan yang berlangsung di GOR ASA Sport Center, Kota Cilegon digelar oleh Dinas Pemuda dan Olaharaga (Dispora) Kota Cilegon sejak Selasa (13/8) hingga Kamis (15/8).  

Guru olahraga SMKN 1 Kota Cilegon, Gustavyanto mengapresiasi anak asuhnya yang keluar sebagai juara. Gustavyanto menjelaskan kegemilangan tim SMKN 1 Kota Cilegon tidak lepas dari kekompakan antarpemain dan kerja keras selama latihan. 

“Alhamdulillah tim kami bisa menjadi juara kejuaraan prestasi ini. Persaingan antar tim bisa dikatakan sangat ketat, tapi berkat kerja keras dan komunikasi yang baik antar pemain, SMK kami bisa merebut juara,” kata Gustafyanto, Kamis (15/8). 


Gustafyanto berharap timnya dapat berprestasi di kancah nasional. Ia yakin anak didiknya mampu. “Tujuan kami selanjutnya untuk ikut di kejuaraan nasional. Kita akan mencari event-event selanjutnya. Latihan rutin anak-anak dua kali dalam sepekan untuk ekskul, kami lebih banyak berlatih di luar untuk mematangkan permainan,” ungkap Gustafyanto.

Pelatih klub New Konsisten, Ahmad Baihaki tetap gembira meski gagal menjadi juara pertama. Bagi Baihaki, menduduki peringkat kedua sudah lebih dari cukup. Timnya sejak awal tidak mengusung target juara pada kejuaraan itu. 

“Dapat juara kedua kami sudah bersyukur. Setiap ikut kejuaraan kami tidak pernah menargetkan harus juara. Utamnya bermain lepas, olahraga, dan memperbanyak persaudaraan” jelas Baihaki. 

Pada kejuaraan tersebut, seluruhnya ada 14 tim yang menjadi peserta dengan dibagi menjadi dua grup, A dan B. Di posisi juara ketiga diraih oleh Ulum FC yang menumbangkan tim SMA YPWKS dengan hasil akhir 6-2. 

Sekretaris Umum (Sekum) Askot PSSI Kota Cilegon Abdul Salam mengatakan, pihaknya bakal mempersiapkan para juara untuk menghadapi kejuaraan Pocari akhir Agustus tahun ini, serta Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten 2022. 

“Kejuaraan prestasi antarklub ini digelar untuk melihat seberapa banyak klub yang ada di Kota Cilegon. Ketika ada bantuan, kami mudah mendistribusikannya. Ini juga sebagai persiapan menjaring atlet untuk menghadapi kejuaraan Pocari dan Porprov Banten,” ungkap Salam. (Riko BS)