Kejurda Atletik Banten: Kabupaten Tangerang Juara Umum

Ketua Pengprov PASI Banten Cepi S Alam (kanan), bersama juara Kejurda Atetik Banten 2019 kompak salam komando, Minggu (21/4) di Stadion Badak, Pandeglang.

PANDEGLANG – Kabupaten Tangerang resmi menyandang gelar juara umum pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik Banten 2019. Sebanyak 13 medali emas, delapan perak, dan tujuh perunggu diborong oleh para atlet asal Kabupaten Tangerang.

Kabupaten Tangerang unggul atas perolehan medali dari Kota Cilegon yang berada di urutan kedua dan Kabupaten Lebak di urutan ketiga. Kota Cilegon meraih 11 medali emas, sembilan medali perak, dan tiga medali perunggu. Sementara Kabupaten Lebak mengumpulkan 11 medali emas, delapan medali perak, dan empat medali perunggu.

“Kejurda sudah selesai, pelaksanaan berjalan lancar. Meski data lengkapnya belum kami terima, tetapi untuk juara umum sudah dipastikan dari Kabupaten Tangerang. Peserta yang hadir sangat antusias, karena juaranya akan mengikuti kejurnas. Harapan setelah bisa lolos kejurnas, bisa ikut ke PON Papua 2020,” kata Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Banten Cepi Safrul Alam dihubungi Radar Banten, Minggu (21/4).

Pengprov PASI Banten telah merangkum nama atlet yang sukses memenuhi limit tingkat nasional di kejuaraan yang digelar di Stadion Badak, Kabupaten Pandeglang, kemarin (21/4). “Harapan kami Banten akan bisa berbicara banyak di tingkat nasional. Perkembangan atlet kita sudah sangat signifikan. Terutama di nomor lompat jauh, lompat jungkit, 100, dan 200 meter,” jelas Cepi.

Terpisah, Ketua Pengcab PASI Kabupaten Tangerang Mimin Sri Suminarsih memuji penampilan dan perjuangan atletnya hingga meraih juara umum. Dari total 44 atlet Kabupaten Tangerang yang tampil, hanya sembilan atlet yang masuk ketegori usia senior.

“Saya sangat senang, karena kami berhasil meraih gelar juara umum. Ini buah pembinaan yang rutin kami lakukan. Kami cukup optimis punya prospek prestasi yang lebih baik di masa depan, karena medali emas banyak disumbang atlet muda,” kata Mimin.

Sekretaris Pengcab PASI Kabupaten Tangerang Suhendrik berharap atletnya akan terus mengharumkan nama daerah, hingga mewakili Banten di Kejurnas dan PON Papua 2020. “Saat ini kami memiliki beberapa andalan baru di nomor elite yakni sprint 100 meter putra, lempar lembing, dan lompat jauh,” ungkap Suhendrik. (rbs/nda/ags)