Kejurda Basket 2019, Tangsel Kawinkan Gelar Juara

0
651 views

SERANG – Tim basket Tangerang Selatan (Tangsel) sukses mengawinkan gelar juara Kejuaraan Daerah (Kejurda) Basket Antarpelajar 2019. Tim putra dan tim putri Tangsel menempati podium pertama atau merebut medali emas.

Pada partai final Kejurda Basket 2019 yang berlangsung di Gedung Gelanggang Remaja (GGR), Ciceri, Kota Serang, Jumat (1/11), tim putra Tangsel membantai tim Kabupaten Tangerang dengan skor 54-23. Kemudian, tim putri Tangsel menang tipis atas tim Kota Cilegon, dengan skor 47-40.

Pelatih tim basket putra Tangsel, Arga Wahyu Pamungkas mengapresiasi hasil positif yang ditorehkan anak asuhnya. Medali emas yang diraih disebut sesuai dengan target yang diusung.

“Kami sangat bersyukur atas hasil ini. Secara pribadi saya mengapresiasi perjuangan anak-anak. Dari awal kami memang menargetkan untuk menjadi juara, hasilnya sangat memuaskan,” kata Arga, Jumat (1/11).

Arga berharap, anak asuhnya bisa menjaga tren positif tersebut. Dan, kembali menjadi juara pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Banten 2020. “Anak-anak yang memperkuat tim ini juga sudah berpengalaman di kejuaraan antarsekolah. Harapan ke depan, kami bisa menjadi juara pada Popda tahun depan,” ungkap Arga.

Pelatih tim basket putri Tangsel, Indriana Retno Safitri mengatakan, kunci kemenangan timnya saat menghadapi tim Kota Cilegon ialah mental. Retno memuji anak didiknya bisa menjalankan instruksinya dengan baik.

“Saya mengarahkan kepada para atlet agar lebih dulu bisa unggul secara mental, baru kemudian skor. Seperti tadi, dilihat awal dan pertengahan pertandingan kami imbang. Tapi setelah saya kasih kepercayaan bahwa kalian bisa membalikkan keadaan, di akhir kami bisa melakukan itu dan menang,” jelas Retno.

Sekretaris Dispora Banten Ai Dewi Suzana mengaku terkesan dengan permainan tim basket Tangsel. Menurut penilaiannya, delapan kota dan kabupaten yang mengirimkan perwakilannya sudah punya tim yang bagus. Namun, Tangsel membuktikan lebih unggul.

“Memang kalau menurut pengamatan saya, wilayah Tangerang selalu unggul terutama di cabang olahraga basket. Tetapi untuk sekarang, sudah tidak terlalu jauh perbedaannya. Sudah saling bersaing,” kata Ai. (rbs/nda/ira)