Kejurda Pencak Silat Remaja, Kabupaten Serang Incar Tiga Medali Emas

    0
    225

    SERANG-Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Serang akan menerjunkan 21 pesilat remaja pada single event Kejuaraan Daerah (Kejurda) Pencak Silat Remaja Banten 2017.

    Pada kejuaraan yang akan dilangsungkan di Gedung Diklat Pemda Kabupaten Tangerang, Jumat-Minggu (3-5/11), IPSI Kabupaten Serang menargetkan tiga keping medali emas.

    Kepala Pelatih Pencak Silat Kabupaten Serang, Asep Hidayatullah mengatakan, target minim yang diusung pihaknya tidak lepas dari kurangnya persiapan yang dilakukan. Tim pencak silat Kabupaten Serang hanya melakukan persiapan selama dua pekan saja.

    “Itu pun latihannya hanya tiga kali pertemuan. Anggarannya minim, makanya kami tidak bisa melakukan persiapan maksimal. Untuk itu kami tidak mau muluk-muluk dengan target nanti,” kata Asep kepada Radar Banten, kamis (2/11) sore.

    Asep menambahkan, tiga medali emas yang menjadi target masing-masing dari kelas B putra (43-47 kilogram) atas nama Reza, kelas C putra (47-51 kilogram) atas nama Dicky, dan kelas C putri (47-51 kilogram) atas nama Masitoh.

    “Tiga pesilat ini memang sudah malang melintang di berbagai event serta banyak menoreh prestasi. Makanya kami hanya berani menargetkan tiga pesilat ini saja. Kalau pesilat lain masih minim jam terbang dan pengalaman. Jangankan untuk mengikuti event, latihan saja kami masih kesulitan anggaran. Kita sebenarnya punya banyak potensi yang kalau dibina secara intensif dan terstruktur, pasti mampu bersaing tidak hanya di level daerah namun juga nasional. Tapi pembinaan kami terhambat dengan minimnya anggaran,” keluhnya.

    Sementara itu, Ketua Pengcab IPSI Kabupaten Serang Yana Suryana menyatakan, meski pihaknya tidak mengusung target khusus, namun pesilat yang akan tampil di kejurda nanti siap memberi yang terbaik bagi kontingen Kabupaten Serang. “Kami tidak ingin muluk-muluk, kita lihat saja hasil akhirnya nanti. Yang jelas kami akan mempersembahkan yang terbaik bagi IPSI Kabupaten Serang,” ucapnya.

    Ia menilai, saat ini peta kekuatan cabang olahraga (cabor) silat di Banten sudah merata. Untuk itu sulit untuk memprediksi berapa target yang akan diusung.

    “Sementara tidak ada kiblat kekuatan yang mendominasi untuk cabor silat di Banten, semua merata. Hanya kesiapan atlet saja yang akan membedakannya nanti. Tapi Insya Allah pesilat kami siap tampil habis-habisan. Namun yang perlu dicatat, ajang ini kami jadikan ajang tryout untuk persiapan menghadapi Popda Banten 2018. Proses jangka panjang harus dilakukan dari sekarang,” tandas Yana. (Andre AP/RBG)