Kejurnas PPLP Takraw Dipercepat, Banten Kejar Menu Latihan

Atlet sepak takraw Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) Banten saat latihan gabungan dengan atlet Pusat Latihan Cabang Olahraga Binaan (PLCOB) Kota Cilegon, di GOR ASA Sport Center, Kota Cilegon. Jumat (8/2).

CILEGON – Jadwal Kejuaraan Nasional (Kejurnas)
Sepak Takraw antar PPLP (Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar) tahun 2019
dipercepat. Kondisi itu membuat tim sepak takraw mengejar menu latihannya.

Sebelumnya, Kejurnas Sepak Takraw PPLP bakal digelar Juli 2019. Belakangan diketahui kejurnas tersebut akan berlangsung 5 hingga 9 April. Perubahan itu ditangapi serius UPT PPLP Banten.

“Mau tidak mau, program (menu latihan-red) ini
berubah total. Tanggal 10 besok kita sudah harus masuk tahap latihan persiapan
khusus. Tetapi, anak-anak saya rasa tidak kaget karena mereka juga sudah lama
menerima latihan persiapan umum,” kata pelatih sepak takraw PPLP Banten Muklis
Ali, ditemui Radar Banten di GOR ASA Sport Center, Kota Cilegon, Jumat
(8/2).

Dijelaskan Muklis, persiapan umum lebih condong untuk mematangkan kekuatan fisik atlet. Sementara, persiapan khusus meningkatkan teknik permainan atlet yang sesuai pada posisinya masing-masing. “Persiapan umum tinggal tersisa dua hari lagi, melihat hasil latihan selama ini cukup memuaskan. Terakhir, kita gelar tes fisik di Stadion Heroik Kopassus, mereka sudah di atas rata-rata. Tinggal nanti atlet, mematangkan teknik di posisinya saja. Seperti servis, memblok, dan smash, dan umpan,” beber Muklis.

Kejurnas nanti, kata Muklis, lima atlet telah dipersiapkan untuk mengikuti dua nomor yang dipertandingkan. Namun, Muklis enggan membeberkan target yang ingin dicapai. “Di sepak takraw PPLP Banten hanya ada lima atlet. Jadi, hanya dua nomor yang bisa kita ikut serta, yaitu nomor double dan inter regu. Kalau nomor inter regu, tiga yang main dan dua masuk cadangan. Kalau nomor double, dua yang main dan satu untuk cadangan,” kata Muklis. (Riko B/RBG)