Petinju Banten Marzuki Pangabean (lima dari kiri) sukses melaju ke partai final kelas 91 kilogram usai menang TKO atas petinju Kaltim, Erik pada ronde ke-2 di laga yang dilangsungkan di GOR Dipati Amir, Pangkalpinang, Babel, Kamis (16/11) sore.

 SERANG-Tim tinju Banten membuka peluang untuk membawa pulang medali emas dari Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tinju Amatir Elite 2017. Itu setelah petinju andalan Banten, Marzuki Pangabean (kelas 91 kilogram) berhasil melaju ke partai final usai menang TKO atas petinju Kalimantan Timur (Kaltim), Erik pada ronde ke-2 di laga yang dilangsungkan di GOR Dipati Amir, Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel), Kamis (16/11) sore.

Peluang meraih medali juga dimiliki petinju Listyono (kelas 75 kilogram) yang sukses melaju ke babak semifinal usai mengandaskan perlawanan petinju Nusa Tenggara Timur (NTT), Muhammad Rudal. Namun laju petinju andalan Banten lainnya, yakni M Fajar Dwi (kelas 81 kilogram) harus terhenti di babak perempat final usai kalah angka atas petinju Papua, Topan Faransa.

Pelatih Tinju Banten Ikhwan Guruh Musadad mengatakan, seperti prediksi sebelumnya, Marzuki memiliki peluang lebih besar untuk meraih medali dibandingkan petinju lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan Listyono yang melaju ke babak semifinal akan membuat kejutan.

“Secara teknik dan kualitas serta jam terbang, Marzuki layak kita unggulkan. Bahkan di kejurnas ini nama Marzuki masuk dalam daftar petinju elite yang menempati ranking. Tapi penampilan Listyono juga tidak kalah garangnya. Listyono mampu melewati lawan yang tidak kalah hebatnya,” kata Ikhwan kepada Radar Banten, Kamis (16/11) sore.

 Ikhwan menambahkan, empat petinju yang tersingkir memang diakuinya masih banyak kekurangan dan perlu dibina berkelanjutan. “Htung-htung menambah jam terbang saja. Melaju hingga ke babak perempat final saja sudah bagus. Ini akan memotivasi mereka untuk terus berlatih. Banyak sekali bahan evaluasi kami dari penampilan mereka di kejurnas ini, mulai dari fisik, mental, serta kualitas. Kalau dibina berkelanjutan, kami optimistis kedepan mereka bisa berbicara banyak di event nasional,” yakinnya.

Manajer Tim Tinju Banten Suherman mengaku puas atas capaian dua petinju yang sampai saat ini masih bertahan. “Secara target memang kami hanya bertumpu pada Marzuki, namun tidak menutup kemungkinan akan ada kejutan dari petinju lain mengingat Listyono juga tampil sangat memukau,” ucapnya.

Ia optimistis akan ada medali yang dibawa pulang ke Banten. “Kami yakin (meraih medali-red) meski dari awal kami tidak menargetkan apa-apa. Peta kekuatan sudah terbaca dan petinju Banten juga mulai diperhitungkan,” tandasnya. (Andre AP/RBG)