Kejutan dari Warga RT 06 Kerasikan Langgar

0
403 views

CURUG – Drastis. Jauh berbeda dibandingkan saat penilaian tahap pertama, awal Mei 2020. Perubahan hasil penataan RT 06 RW 02, Lingkungan Kerasikan Langgar, Kelurahan Curugmanis, Kecamatan Curug, itu mengagetkan Tim 13 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, kemarin (10/9).

Kampung ini dinilai bersih. Tak ada sampah plastik dan sampah lain berserakan. 

Dan yang mengejutkan tim juri, warga RT ini mampu mengubah tanah wakaf yang semula tandus, menjadi ruang terbuka hijau (RTH) sekaligus taman bunga. Di taman ini, warga membangun spot selfie dan taman edukasi.

“Penataan di Kerasikan Langgar bikin kaget. Perubahannya drastis banget, jadi bagus. Warga sudah sadar keberadaan RTH itu penting untuk mereka. Penataannya juga tidak asal tempel. Kelihatan pembuatan RTH-nya terkonsep,” kata Abbas, juri perwakilan dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Serang.

Penataan lingkungan RT 05 yang terkonsep ini, menurut Abbas, membuat hasilnya bagus. Itu dibuktikan dengan kehadiran warga dari kampung lain untuk melihat, bermain, atau sekadar untuk berfoto di taman itu.

“Sekarang, taman itu sudah jadi salah satu destinasi wisata lokal. Penataan warga yang terkonsep tidak membohongi hasil,” tandas Abbas. “Waktu kami pertama kali ke sini (RT 06-red), menurut saya, seperti di padang pasir. Bawaannya mau cepat-cepat pulang. Tapi sekarang, jadi (mirip-red) hutan tropis. Dari depan, ada taman dan spot selfie. Di belakang taman ada lokasi untuk apotek hidup, sayuran, dan lainnya. Makanya, saya bilang terkonsep. Lingkungannya pun bersih,”  ungkapnya.

Kriteria penilaian lomba bidang keamanan, jelas Briptu Edi Hidayat, telah dipenuhi oleh warga RT 06. Juri perwakilan dari Polres Serang Kota itu mengatakan, peralatan keamanan di pos ronda sudah lengkap. Pembentukan kelompok sadar hukum RT ini juga telah disahkan melalui surat kep;utusan Lurah Curugmanis.

“Sudah lengkap, bahkan penyelesaian persoalan yang terjadi di lingkungan sini juga sudah bisa dilakukan dengan kekeluargaan. Sudah cukup bagus,” tandas Egi. (rio/don)