Kekompakan dan Pengalaman Jadi Bekal Warga RW 02 Balekambang

0
348 views

CIOMAS – Kampung Balekambang RW 02, Desa Sukadana, Kecamatan Ciomas, belum ditata. Namun, warganya menyatakan kesiapannya untuk bersaing di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Modalnya, kekompakan warga dan pengalaman di LKBA 2019.

Dengan modal itu, warga Balekambang berniat bisa kembali meraih juara. Terlebih pada LKBA 2019, kampung ini mendapat juara pertama untuk dua kategori. Yakni, pengelolaan lingkungan terbaik dan kelompok penggerak lingkungan terbaik. Dua piagam penghargaannya masih terpajang rapi di etalase penyimpanan piala di kantor Pemerintah Desa Sukadana.

Kepala Desa Sukadana Jr Muheli mengatakan, pihaknya belum menggerakkan warga Balekambang untuk melakukan penataan lantaran masih sibuk mengurus pembagian bantuan terdampak Covid-19. ”Warganya juga masih pada riweuh, tapi kekompakannya mah masih oke. Kan LKBA tahun lalu dapat dua nominasi,” katanya kepada Radar Banten, Jumat (9/10).

Menurut Muheli, penataan kampung di dekat persawahan ini bakal dimulai pekan depan. Kampung ini tidak hanya bersiap untuk LKBA, tetapi juga untuk Kampung Tangguh Nusantara perwakilan Kecamatan Ciomas.

Tahap awal, kata Muheli, akan difokuskan pada kebersihan lingkungan. Kemudian, pengecatan di jalan kampung. ”Konsepnya enggak jauh beda dengan penataan tahun lalu,” ujarnya.

Pos ronda di kampung ini cukup lengkap. Borgol, kentongan, alat pemadam api ringan, buku mutasi/buku tamu, dan pentungan hansip disimpan di rumah Ketua RW 02 H Supriyadi. ”Soalnya kalau ditaruh di pos ronda, suka dimainin anak-anak,” jelas Muheli.

Supriyadi menambahkan jika pihaknya juga berencana membuat fasilitas pencegahan Covid-19 seperti tempat mencuci tangan, lumbung ketahanan pangan, dan ruang isolasi mandiri. ”Kami siap bersaing menyukseskan LKBA dan Kampung Tangguh Nusantara,” pungkasnya. (mg06/don)