Kekompakan Warga Bhayangkara Semakin Solid

0
484 views

SERANG – Aje kendor! Warga RT 04 RW 08, Lingkungan Bhayangkara, Kelurahan Sumurpecung, Kecamatan Serang, semakin kompak menghadapi penilaian Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 tahap dua, Agustus mendatang. Tua-muda, lelaki-perempuan, membaur. Bergotong royong untuk memberikan yang terbaik. 

Ketua RT 04 Sholihin Amin mengatakan, setelah kedatangan Tim 4 Juri LRLA pada penilaian tahap pertama, semangat dan kekompakan warganya meningkat. Dari yang awalnya masih beberapa warga yang ikut gotong royong, sekarang ibu-ibu dan pemuda-pemudinya pun ikut berpartisipasi.

“Awalnya, warga masih anggap lomba ini biasa saja. Tapi pas tahu jurinya dari aparat kepolisian, TNI, dan dinas di Pemkot Serang, warga jadi semangat,” kata Amin kepada Radar Banten, Selasa (26/5).

Bahkan, jelas Amin, warganya swadaya membeli cat untuk menghiasi dinding dengan lukisan tokoh kartun dan kalimat imbauan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). “Kami juga menggambar jalan paving block. Itu semua inisiatif warga,” tegasnya.

Warga RT ini juga memperbaiki jalan setapak di pinggir saluran air. Warga menutupnya dengan adonan semen dan pasir. Jalan ini akan digunakan untuk penghijauan. Warga berencana menempatkan pot-pot tanaman di lokasi ini.

Tindakan warga ini, jawaban atas kritik tim juri soal penghijauan. “Kita bakal perbanyak penghijauan,” ujar Amin.

Penataan dan pembenahan lingkungan RT 04, menurut Amin, ditargetkan rampung pada akhir Juni 2020. Sehingga, warga tinggal merawat dan menambah tanaman bunga sampai penilaian tahap dua berlangsung. “Insya Allah, kami melakukan penataan dengan maksimal,” ucapnya.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Sumurpecung Brigpol Dagus Handiyana mengaku telah mengimbau warga agar melengkapi alat keamanan pos ronda. Saat ini, warga RT 04 pun semakin aktif menjalankan sistem keamanan lingkungan (siskamling).

“Kalau soal keamanan, semua kondusif. Pos ronda juga lengkap. Pokoknya siap dinilai,” tandas Dagus. (mg06/don)