Kekompakan Warga RT 05 Masjidpriyayi Minim

0
430 views

KASEMEN – Kesadaran membuat lingkungan resik lan aman tampaknya masih jauh dari angan warga RT 05 RW 01, Lingkungan Masjidpriyayi, Kelurahan Masjidpriyayi, Kecamatan Kasemen. Pasalnya, hanya sedikit jejak penataan di perkampungan ini.

Gapura permanen berukuran besar memang telah didirikan di bagian depan RT 05. Warna catnya hijau. Pagar bambu dengan cat yang mulai memudar juga telah terpasang di pinggir jalan.

Namun, kampung ini masih terkesan kumuh. Sampah plastik berserakan mudah ditemukan. Kampung ini juga gersang. Minim tanaman hijau.

Ketua RT 05 Holil mengaku, warganya sudah bergotong royong pada awal Ramadan lalu. Saat itu, warga membersihkan lingkungan rumah masing-masing. Setelah perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah, warga RT ini gotong royong merenovasi masjid. “Jadi, kita belum sempat berbenah lingkungan,” katanya kepada Radar Banten, Selasa (9/6).

Disinggung soal dana strimulan yang disalurkan Pemerintah Kelurahan Masjidpriyayi, sebesar Rp5 juta per RT, Holil menyatakan, telah habis. Warga menggunakannya untuk membangun gapura. Itupun belum rampung.

“Kalau minta ke warga agak susah, ya namanya juga di kampung,” ujarnya.

Holil berjanji, tidak akan berhenti mengajak warganya untuk menata lingkungan kampung mereka. Ia berencana mengajak warganya iuran untuk membeli pot tanaman. “Nanti kita maksimalkan penghijauan,” katanya.

Lurah Masjidpriyayi Titin Kurnia membenarkan jika warganya sulit diajak swadaya untuk menata lingkungan. Titin bersama pengurus RT akan tetap berupaya untuk menyukseskan LRLA di wilayahnya. Ia juga mengaku sudah menginstruksikan para ketua RT untuk mulai penataan sejak satu pekan setelah Idul Fitri

“Nanti. saya coba ajak warga langsung. Semoga ada kesadaran,” harap Titin. (mg06/don)