Kekompakan Warga RW 03 Tanjung Diuji

0
305

PABUARAN – Warga RW 03, Kampung Tanjung, Desa Tanjungsari, Kecamatan Pabuaran, terkenal dengan kekompakan warga dan pemudanya. Mereka disebutkan selalu aktif, bahu-membahu dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Tanjungsari. Nah, saat ini, pengakuan mereka harus dibuktikan di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

”Kalau soal kekompakan mah kami juaranya,” tegas Ketua RW 03 Sanuji kepada Radar Banten, Selasa (29/9).

Menurutnya, saat pihaknya mendapat informasi dari Pemerintah Desa Tanjungsari soal LKBA pada Agustus lalu, warganya langsung memusyawarahkan rencana penataan kampungnya. ”Dari bapak-bapak, pemuda, dan ibu-ibu menyampaikan ide-ide untuk menghias kampung,” katanya.

Semua masukan dan usulan dari warga dicatat. Langkah berikutnya ialah mengumpulkan dana dari warga.

Selama satu minggu, pemuda di RW ini berkeliling dari rumah ke rumah untuk meminta iuran. ”Alhamdulillah, semuanya kompak ikut swadaya,” ungkap Sanuji.

Pekan lalu, warga mulai gotong royong. Tahap awal, mereka masih fokus membersihkan lingkungan kampungnya.

Dan, saat ini, para pemuda membuat pagar dari bambu dan mengecatnya dengan warga merah-putih. Tanaman juga bakal ditata di pinggir jalan. ”Supaya kampung jadi rapi,” ujar Sanuji.

Pos ronda di RW ini pun akan dicat warna-warni. Kelengkapan peralatan keamanan di pos ronda seperti borgol, buku mutasi tamu, alat pemadam api ringan, dan nomor telepon aparat keamanan juga telah dipikirkan oleh warga dan pengurus RW 03 beserta pengurus RT-RT di bawahnya.

Sementara, Kepala Desa Tanjungsari Zaenal Arifin membenarkan jika LKBA menjadi tantangan warga RW 03 untuk membuktikan semangat dan kekompakannya. ”Kami hanya ikut memfasilitasi dan memotivasi. Ada pun manfaatnya, nanti kan untuk warga juga,” ucapnya. (mg06/don)