Kekurangan RT 001 Cuma Pos Ronda

TAKTAKAN – Lingkungan RT 001 RW 001, Kelurahan Panggungjati, Kecamatan Taktakan, memberikan perlawanan. Kebersihan dan penghijauan perkampungan di Lingkungan Umbulkapuk ini, oleh Tim 12 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 dinilai, cukup bagus. Namun, belum memiliki pos ronda.

Kekurangan RT 001 dari sisi keamanan lingkungan ini disayangkan oleh Ketua Tim 12 Juri LRLA Ipda Rudi Purwanto. Sebab, warganya telah memenuhi komponen penilaian dari beberapa kategori yang dilombakan. Di antaranya, partisipasi warga dan lingkungan hijau.

“Saya kaget pas tahu di sini (RT 001 RW 001, Lingkungan Umbulkapuk-red) belum ada pos ronda,” tukasnya kepada Radar Banten, Selasa (5/5).

Dijelaskan Rudi, kendati belum memiliki pos ronda, tapi kata Rudi, berdasarkan hasil wawancara tim juri kepada warga RT 001, perkampungan ini aman. Disebutkan, dalam kurun waktu satu tahun terakhir, belum pernah terjadi kasus pidana di RT ini. “Di sini, lingkungannya aman,” tegasnya.

Menurut Rudi, kondusifitas lingkungan RT 001 terjaga karena warganya bersama-sama menjaga keamanan lingkungan mereka dari rumah masing-masing. Antar-tetangga saling melindungi dan selalu berkomunikasi jika ada hal yang mencurigakan.

“Tapi tetap harus memiliki pos ronda supaya lebih aman dan memenuhi kriteria penilaian,” tegas Rudi.

Anggota tim 12 Nia Kurniatillah menambahkan, dari aspek penghijauan, RT 001 cukup bagus. Hal itu dibuktikan dengan adanya sejumlah pot tanaman di pinggir jalan dan pekarangan rumah warga. “Tapi enggak ada tanaman bunga,” kritik juri dari perwakilan Forum Kota Serang Sehat ini.

Anggota tim 12 lainnya, Rahmat Hidayat, menyarankan agar warga RT 001 segera membentuk kelompok pemuda sadar hukum dan kelompok sadar lingkungan. Tujuannya, keamanan lingkungan RT 001 meningkat dan agar kegiatan penataan lingkungan oleh warga bisa terorganisir. “Yang kita harapkan itu partisipasi aktif warga untuk lingkungan,” jelasnya.

Ketua RT 001 Sarim pun berjanji akan segera membangun pos ronda dan memenuhi saran tim juri. “Sebelum penilaian tahap kedua nanti, semua masukan dari juri bakal kami penuhi,” pungkasnya. (mg06/don)