Kelapadua Lebih Berwarna dengan Lukisan

0
439 views

SERANG – Tembok rumah dan jalanan di RT 01 RW 07, Lingkungan Kelapadua, Kelurahan Kagungan, Kecamatan Serang, menjadi media kreasi warganya. Lukisan tiga dimensi (3-D) dan kelimat imbauan pola hidup sehat membuat perkampungan ini menjadi lebih berwarna. Warga bersemangat meraih poin tinggi pada Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020

Kreasi warga menata lingkungan ini dipantau oleh Lurah Kagungan H Sobirin dan Sekretaris Kelurahan Kagungan Mulyono, Selasa (31/3) siang. Sejumlah warga sedang mengecat dan melukis tembok rumah warga.

“Kita lukis tembok rumah warga supaya lingkungannya tambah indah,” kata Ketua RT 01 RW 07 Rukman Permana kepada Radar Banten.

Pembelian cat untuk melukis tembok, kata Rukman, dari hasil iuran warganya, Rp100 ribu per rumah. Uang iuran juga digunakan untuk membeli 60 unit tong sampah yang akan dipasang di pinggir jalan. “Selain berwarna, Kelapadua juga harus bebas sampah,” tegasnya.

Lukisan pada tembok rumah warga, menurut Rukman, merupakan hasil kreasi Ikhsan, salah satu warganya yang seorang pelukis. Ikhsan membantu warga dengan membuat dasar lukisan di tembok. Kemudian, warga lain yang merampungkan lukisan dengan cat.

Warga RT 01 RW 07 juga membuat lukisan tiga dimensi (3-D) di jalan lingkungannya yang berkonstruksi paving block. “Ada empat gang yang dihias dengan cat warna-warni. Yakni, Gang H Mustofa, Gang KH Marfu, Gang KH Zainul Assikin, dan Gang dan KH Rojak,” terang Rukman.

Sebagian besar jalan di RT 01 RW 07 yang dihuni 425 jiwa dari 125 kepala keluarga (KK), sudah dihias dengan lis menggunakan cat di sisi kanan dan kirinya. Warga mengerjakannya dengan gotong royong setiap hari Sabtu dan Minggu. “Sabtu, setelah gowes sepeda, kita langsung beres-beres lingkungan,” ungkap Rukman.

Lurah Kagungan H Sobirin menambahkan, melalui LRLA Kota Serang 2020, pihaknya memberi kebebasan kepada warga untuk menyalurkan kreativitas dalam menata kebersihan maupun keamanan lingkungannya. “Kekompakan warga di Kelapadua tidak diragukan lagi. Saya optimistis, bakal mendapat hasil maksimal,” ujarnya. (mg06/don)