Kelompok Ternak Unggas Ciliwulung Batu Pamerkan Ayam Kampung Unggulan

Ciliwulung Batu

SERANG – Dalam event Kota Serang Fair yang digelar sejak 30 Agustus lalu, Kelompok Ternak Unggas Ciliwulung Batu ikut memamerkan berbagai macam unggas ternak di antaranya ayam kampung, ayam hias, bebek, dan burung puyuh.

“Kita di sini unggulkan ayam kampung. Perbedaannya ayam kampung yang kita unggulkan sudah diteliti oleh profesor dari Bogor yakni Baligna, maka dari itu kita namakan ayam kampung unggul baligna. Yang dapat menetas hanya dengan jangka waktu singkat, yakni dalam waktu 10 hari dengan bobot 8 ons hingga 1,1 kilogram,” kata Ketua Kelompok Ternak Unggas Ciliwulung Batu, Sigit, Jumat (2/9).

Tidak hanya unggas, kelompok ternak yang berpusat di Kelurahan Panggungjati Kecamatan Taktakan juga menciptakan mesin tetas telur yang canggih, untuk menggantikan eraman induk ayam.

“Untuk mesin penetas kita ciptakan sendiri, yang kita namakan ‘usaha mandiri’. Harganya bervariasi antara Rp300 ribu sampai Rp3 juta,” ungkapnya.

“Kita jual kalau ayam kampung antara Rp34 ribu hingga Rp35 ribu per kilogram. Telur burung puyuh per kilo Rp30rb, kalau matang Rp500 rupiah per butir, kalau anakan puyuh Rp5.000 per ekor. Kalau DOC (anak ayam kampung) Rp650 ribu, isinya 102 ekor per box,” ujarnya. (Wirda)