Kelurahan Ciwedus Gelar Pelatihan Siaga Bencana

0
547 views
Camat Cilegon Zainal Musadad didampingi Lurah Ciwedus menyerahkan secara simbolis alat pemadam kebakaran kepada warga di Aula kantor Kelurahan Ciwedus.

CILEGON – Pemerintah Kelurahan Ciwedus Kecamatan Cilegon menggelar Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana tahun 2020 bagi warganya. Pelatihan ini dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Ciwedus, Jumat (20/11). Karena pentingnya pelatihan tersebut, Kelurahan menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar), Kepolisian Sektor (Polsek) Cilegon. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Cilegon Zainal Musadad, Lurah Ciwedus Suherman, narasumber dari Damkar Cilegon Eko Siswanto, Kapolsek Cilegon Jajang Mulyaman, BPBD Cilegon M Rois Mujahidin, dan Tagana Yahya Afandi.

Lurah Ciwedus Suherman mengatakan, pelatihan ini sangat penting dilaksanakan untuk mengedukasi warganya dalam menghadapi bencana yang mungkin saja terjadi. “Perubahan musim serta efek yang ditimbulkan mendapatkan perhatian khusus dari kami, dengan adanya pelatihan ini, masyarakat akan lebih paham dalam mengatasi keadaan, dan tidak panik jika terjadi musibah datang tiba-tiba,” katanya.

Lanjut Herman, letak geografis Kelurahan Ciwedus yang berada di dataran tinggi, kemungkinan musibah banjir relatif kecil. “Pelatihan kami prioritaskan penanganan kebakaran dan juga cara penggunaan peralatan penunjangnya yang kami bagikan kepada masyarakat”, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemerintahan dan Ketertiban Umum Kelurahan Ciwedus Siti Nurhaeni mengatakan, pelatihan ini menjadi momentum peningkatan kemampuan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi musibah baik bencana alam, kebakaran, atau masalah lainnya.

Selain pelatihan Kesiapsiagaan Bencana 2020, Kelurahan Ciwedus juga telah mengadakan pelatihan Petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) kepada warganya (02/20) lalu.

“Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan yang sudah diberikan, masyarakat akan lebih paham, dan sigap dalam menyikapi permasalahan yang mungkin timbul di lingkungannya masing-masing,” tutupnya. (adv/dik)