Walikota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan mengenai manfaat TIK saat pelatihan KIM di ruang Al-Amanah, Puspemkot Tangerang, belum lama ini. Foto : Dok. Kominfo Kota Tangerang

TANGERANG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang memberikan pelatihan Komunikasi Informasi Masyarakat (KIM) kepada 250 orang pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Mikro (UMKM) di ruang Al-Amanah Gedung Puspemkot Tangerang, Senin (19/11) lalu. Pelaku usaha yang hadir dari tiga kecamatan yakni, Jatiuwung, Cibodas dan Karawaci.

Mengusung tema “Optimalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)”, pembinaan tersebut dalam upaya mendukung KIM bidang ekonomi UKM di Kota Tangerang.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah saat membuka acara pelatihan mengatakan, KIM merupakan wadah komunikasi antara pemkot dengan masyarakat. Kerjanya untuk pemberdayaan masyarakat agar lebih kreatif dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). ”Diharapkan dalam wadah ini bisa mengumpulkan komunikasi dan informasi untuk akses menyejahterakan masyarakat,” kata Arief.

Orang nomor satu di Kota Tangerang itu juga memberikan ilmu cara berdagang. Menurutnya triknya mudah untuk menarik minat pembeli, salah satunya dengan memberikan bonus kepada pembeli. ”Caranya tulis saja bonus resep masakan khas Kota Tangerang, buatin slogannya melalui sosmed seperti Instagram, Facebook dan lainnya. Tetapi dibuatkan PDF-nya buat bonus resep, dan nggak usah bikin lagi pake buku,” jelasnya.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan mengenai manfaat TIK saat pelatihan KIM di ruang Al-Amanah, Puspemkot Tangerang, belum lama ini. Foto : Dok. Kominfo Kota Tangerang

Selain itu, Arief berharap kepada peserta agar dapat memanfaatkan media informasi. Sehingga bisa mengambil manfaat dari berbagai konten informasi yang didapat. ”Soalnya kalau kita salah-salah teknologi juga akan membawa dampak negatif, apalagi bila salah gunakan. Contohnya memprovokasi, yang timbulnya hoax itu kan mudarat jadinya,” pungkasnya.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Syamsul Bahri mengatakan, di anggaran perubahan 2018 pihaknya akan melakukan pelatihan kepada 1.000 pelaku UMKM se-Kota Tangerang.

Pelatihan tersebut meliputi pengenalan e-commerce, dan pembinaan penggunaan teknologi melalui program kelompok informasi masyarakat (KIM). ”Saat ini anggota KIM telah mencapai 373 komunitas. Melalui wadah bernama Rumah KIM diharapkan pengetahuan pelaku UMKM bertambah,” pungkasnya. (adv/gun)