Kembalikan Kebugaran, Atlet PPLP Banten Masuki Pembinaan Latihan Fisik

Pelatih fitnes PPLP Banten Agung Nugroho (menunjuk) saat memantau latihan atlet di GOR PPLP, Drangong, Kota Serang, Rabu (12/6).

SERANG – Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Banten tengah memulihkan kebugaran atletnya usai libur Lebaran Idul Fitri 2019. Kemarin (12/6), giliran atlet taekwondo dan sepak takraw yang masuk pembinaan latihan fisik di pusat kebugaran atau gym.

Para atlet bergantian menggunakan peralatan di tempat gym, GOR PPLP Drangong, Kota Serang. Latihan itu dipantau langsung oleh pelatih fitnes PPLP Banten Agung Nugroho. “Hari ini (kemarin-red) yang berlatih di gym atlet sepak takraw dan taekwondo. Setelah mereka menjalani libur Lebaran cukup panjang, latihan yang diberikan untuk pengembalian masa otot setelah libur,” kata Agung, Rabu (12/6).

Agung menjelaskan, setiap atlet diberikan materi latihan berbeda sesuai kebutuhan cabor masing-masing. Atlet mengapresiasi semangat atlet untuk berlatih di gym. “Ada beberapa materi yang kita berikan untuk diterapkan kepada atlet masing-masing cabor. Fungsinya, untuk melatih kekuatan perut, kaki, dada, dan lainnya. Mereka berlatih fisik dalam setiap pertemuan kurang lebih 90 menit,” jelas Agung.

Latihan tersebut juga turut dipantau pelatih taekwondo PPLP Banten Gabriel Rinaldi. Dikatakan Gabriel, atlet taekwondo memiliki jadwal berlatih di gym setiap Rabu dan Sabtu. Atlet diminta dapat memanfaatkan jadwal latihan stamina dan fisik tersebut.

“Hari ini (kemarin-red) waktunya mereka berlatih di gym. Untuk meningkatkan stamina dan fisiknya. Apalagi, baru usai libur Lebaran selama sepekan. Atlet baru datang ke asrama hari Senin dan mulai efektif berlatih hari Selasa,” kata Gabriel.

Latihan atlet harus terus digeber untuk meningkatkan kekuatan fisik lantaran telah memasuki tahap persiapan khusus. Meski materi latihan tidak jauh berbeda saat bulan Ramadan lalu. “Atlet sudah masuk tahap persiapan khusus, jelang menjalani tryout di Bandung. Materi latihan masih mengulang saat sebelum Lebaran untuk meningkatkan fisik dan teknik,” kata Gabriel. (rbs/nda/ira)