Kemenag Identifikasi Potensi Paham Radikal pada Aliran Hakekok Balakasuta

0
2021
Kepala Subbag Organisasi Tata Laksana dan Kerukunan Umat Beragama  (Ortala dan KUB) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten Ahmad Bahir Ghozali (tengah) memberikan pengarahan kepada penyuluh agama Islam.

PANDEGLANG – Kepala Subbag Organisasi Tata Laksana dan Kerukunan Umat Beragama  (Ortala dan KUB) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten Ahmad Bahir Ghozali (ABG) melakukan kegiatan identifikasi potensi paham radikal pada aliran Hakekok Balakasuta dan pembinaan penanganan isu-isu keagamaan di Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang.

Mengawali kunjungannya, Kasubbag Ortala dan KUB menggelar rapat dan pembinaan dengan Penyuluh Agama di wilayah administrasi KUA Kecamatan Cigeulis.

“Saya menekankan peran Penyuluh Agama dalam melakukan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat agar program pemerintah dapat tersampaikan,” kata Bahir, Rabu (27/3).

Untuk saat ini, Bahir meminta agar seluruh Penyuluh Agama di wilayah KUA Kecamatan Cigeulis supaya berkonsentrasi dalam menghadirkan wajah agama yang sejuk (moderasi agama) di tengah masyarakat, melalui pendekatan ukhuwah islamiyah, ukhwah wathaniyah, dan ukhuwah basyariyah. “Jangan sampai aliran Hakekok Balakasuta ini pun terpapar faham yang lebih berbahaya lagi, yaitu faham radikal yang berpotensi melawan NKRI,” ungkapnya.

Untuk itu, menurutnya, perlu disusun program-program secara terstruktur dan terencana untuk mendampingi sekaligus membina masyarakat yang terpapar faham tersebut dan dilaporkan secara berkala dan berjenjang kepada kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pandeglang dan Kanwil Kemenag Provinsi Banten. (aas)