Kemenag Umumkan 11 Rute Bus Shalawat di Makkah

0
788 views
Ilustrasi.

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan ada 11 rute bus shalawat (pengumpan) di Makkah. Menurut kontrak, seluruh armada dalam keadaan prima dan dilengkapi AC. Namun, Kemenag tetap diminta untuk mengecek secara rinci supaya tidak ada bus jelek yang lolos.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag Sri Ilham Lubis mengatakan, 11 rute bus shalawat itu melayani seluruh daerah tempat tinggal jamaah di Makkah. Wilayah itu meliputi Aziziah, Jamarat, Mahbas Jin, Syisyah, dan Raudhah. Kemudian juga wilayah Jarwal, Misfalah, dan Jiad.

Sri mengatakan, operasional bus sudah ditetapkan 24 jam alias nonstop. Sehingga, bisa digunakan jamaah ketika hendak menjalankan ibadah salat lima waktu di Masjidilharam. Supaya memudahkan jamaah, setiap bus akan diberi tanda stiker sesuai dengan rute masing-masing. “Jamaah tinggal mengenali warna seperti saat berangkat dari hotel menuju Masjidilharam,’’ katanya.

Dengan mematuhi warna stiker itu, jamaah bisa mencegah potensi tersesat saat pulang dari Masjidilharam. Kemenag berupaya menempatkan petugas di setiap titik halte di area Masjidilharam.

Untuk mempermudah memilih bus, Kemenag juga menempelkan stiker berwarna di paspor jamaah. Sehingga, jamaah bisa cepat mengetahui bus yang akan dipilih. Stiker di paspor itu untuk jaga-jaga jika mereka lupa tidak memperhatikan stiker saat berangkat menuju Masjidilharam.

Pengamat haji Dadi Darmadi menyambut baik peningkatan kualitas bus shalawat itu. Namun, dia mengingatkan supaya Kemenag tidak percaya begitu saja dengan operator bus.

“Sebisanya dicek satu per satu. Supaya jangan sampai ada armada jelek yang dipakai untuk bus shalawat,’’ tuturnya. Bus yang jelek berpotensi mogok dan membuat jamaah tidak nyaman selama dalam perjalanan.

Dadi menambah, pengumuman kedatangan bus shalawat hendaknya dipajang di setiap halte. Tujuannya supaya tidak ada jamaah yang terlewat dan menunggu lama di halte bus. ’’Jika memang operasionalnya 24 jam ya harus 24 jam. Bukan berhenti setelah salat isya selesai,’’ kata dia. (jpg/ibm/ra)