Kemendagri Temukan Fakta Mengejutkan Soal Siti Aisyah

0
495 views
Paspor atas nama Siti Aisyah yang dikeluarkan Kantor Imigrasi Jakarta Barat. Aisyah kini ditahan Polisi Diraja Malaysia atas dugaan keterlibatannya dalam pembunuhan Kim Jong-nam. Foto: JawaPos.Com/istimewa

MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo angkat bicara terkait kasus pembunuhan Kim Jong-nam di Malaysia. Politikus PDIP itu mengungkapkan bahwa Siti Aisyah, yang kini ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan itu memiliki data kependudukan ganda.

Apa motif dari Siti Aisyah memiliki dua data kependudukan? Tjahjo pun mengaku belum mengetahuinya.

“Begitu muncul (kasus pembunuhan Jong-nam,red) di Kuala Lumpur dan disebut melibatkan warga negara kita, saya langsung panggil Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Zudan Arif Fakrulloh,red). Saya bilang, tolong dicek di data,” ujar Tjahjo di Jakarta, Senin (27/2) seperti dilansir JPNN (Jawa Pos Group).

Hasilnya cukup mengejutkan. Kata Tjahjo, Aisyah diketahui memiliki data ganda. Di satu data tercatat bernama lengkap. Sementara di data lain, hanya tercantum bernama Aisyah.

“Jadi dari sisi kami juga, ini ada motif apa sampai membuat dua indentitas. Jadi jika diperlukan oleh Kementerian Luar Negeri atau kepolisian, ya akan kami serahkan (datanya,red),” ucap Tjahjo.

Menurut mantan sekjen DPP PDI Perjuangan ini, hasil temuan telah diserahkan Dirjen Dukcapil ke Kementerian Luar Negeri dan kepolisian. Untuk kemudian dapat dipergunakan sesuai kebutuhan dari lembaga-lembaga terkait.

“Saya dengar sudah diserahkan oleh dirjen kami, menjelaskan bahwa nama Siti Aisyah terdata di dua data kependudukan, hanya namanya ada satu kata yang dihilangkan,” pungkas Tjahjo. (gir/jpnn/JPG)