Kemendikbud Pantau Hari Pertama Sekolah di Kota Serang

Hari Pertama Sekolah

SERANG – Hari pertama masuk sekolah di tahun ajaran baru setelah libur panjang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meninjau sekolah di Kota Serang. Beberapa sekolah yang ditinjau antara lain SMA Negeri 2 Kota Serang dan TK Al Musyawarah Ciracas.

Mewakili Subdit Anak dan Remaja, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kemendikbud, Esih Warnesih mengatakan, kunjungannya untuk memastikan apakah orang tua murid mengantar anaknya sekolah seperti yang diimbau oleh Mendikbud Anies Baswedan.

“Setelah kami lihat, ternyata orang tua murid mengikuti imbauan itu dan banyak tadi yang saya lihat mengantarkan,” ujar Esih saat ditemui setelah melakukan dialog dengan orang tua siswa, di SMA Negeri 2 Kota Serang, Senin (18/7).

Menurut Esih, imbauan yang dikeluarkan oleh Mendikbud tersebut untuk mengantisipasi praktik kekerasan maupun perpeloncoan yang kerap terjadi di awal masuk sekolah. Selain itu, agar perhatian orang tua terhadap anak pun semakin besar. “Tentu yang kami harapkan tidak hanya awal masuk saja, tapi juga di hari-hari biasanya orang tua menyempatkan waktunya,” ujarnya.

Sementara itu, ditemui di tempat yang sama, Kabid SMA Dindik Kota Serang, Lili Mutawali mengatakan, dari pantauan pihaknya, tindakan perpeloncoan sudah tidak ada lagi di sekolah-sekolah di Kota Serang. Jika lepas dari pantauan pihaknya, menurut Lili, pihaknya mengharapkan siswa atau orang tua siswa melaporkannya ke Dindik Kota Serang.

“Kita menyiapkan layanan pengaduan, sanksi tentu ada untuk pihak sekolah, namun disesuaikan dengan tingkatannya,” ujarnya.

Perpeloncoan sendiri dihapuskan seiring dengan digantinya sistem pengenalan siswa baru, dimana tahun-tahun sebelumnya dengan istilah Masa Orientasi Siswa yang praktiknya dilakukan oleh siswa senior, tahun ini menjadi pengenalan lingkungan sekolah dengan pengawasan guru.

Salah satu orang tua siswa, Ujang Rafiudin mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi imbauan dari Kemendikbud tersebut. Menurutnya dengan ini memberikan rasa aman dan tenang kepada siswa yang baru pertama masuk. “Bagus ini, tadi dari Kemendikbud pun menyampaikan beberapa imbauan untuk orang tua siswa juga, misalnya terus memberikan perhatian kepada anak,” ujarnya. (Bayu)