Kemendikbud Tunjuk Cilegon Jadi Tuan Rumah Festival Karawitan Nusantara

0
1.017 views
Wahdat MY

CILEGON – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menunjuk Kota Cilegon untuk menjadi tuan rumah berlangsungnya Festival Karawitan Nusantara yang akan digelar pada tanggal 2-6 Agustus mendatang.

Perwakilan Direktorat Kesenian Kemendikbud RI Wahdat MY mengatakan, Festival Karawitan Nusantara merupakan event tahunan yang dimeriahkan dengan pertunjunkan tradisi kekhasan dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia.

“Selain menghadirkan penampilan-penampilan dari masing-masing daerah, juga ada workshop tentang kesenian, kemudian pertemuan tokoh-tokoh kesenian, serta akan ada evaluasi dari pengamat-pengamat kesenian nasional maupun internasional,” ujarnya saat mengunjungi Kantor Pemkot Cilegon, Kamis (6/7).

Kata dia, ada beberapa penilaian yang membuat Kota Cilegon pantas dipilih sebagai tuan rumah Festival Karawitan Nusantara yang sudah berjalan hingga 70 tahun tersebut. Wahdat mengungkapkan, sebelumnya pihaknya sudah meminta tiga provinsi lainnya untuk melaksanakan event tersebut namun mereka tidak menyanggupinya.

“Sekarang kita sudah menemukan jodoh, yaitu di Provinsi Banten yang diselenggarakan di Cilegon. Selain berkaitan dengan aturan festival, saya juga melihat bahwa Banten termasuk Cilegon mempunyai sumber daya kesenian dan memiliki kekhasan dan keunikan dibanding dengan daerah-daerah lain,” katanya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)