Kemenpar Beri Target Pemprov Banten Datangkan 152.400 Wisatawan Asing Tahun Ini

0
664 views
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati
SERANG – Kementrian Pariwisata (Kemenpar)  berikan target pada Pemprov Banten untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing pada tahun ini sebanyak 20 persen dari jumlah wisatawan tahun sebelumnya.
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati menjelaskan,  pada data tahun 2015, kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 127 ribu.  Dengan penambahan 20 persen,  berarti tahun ini ditarget sebanyak 152.400 wisatawan.
Menurut Eneng,   Pemprov Banten hanya menyanggupi peningkatan tersebut di angka 10 persen. Hal tersebut dinilai realistis untuk Banten.
“Target wisman secara nasional itu 15 juta. Untuk wisnus 265 juta. Banten ditarget pertumbuhannya 20 persen dari capaian 2015, tetapi kita sanggupi 10 persen saja. Karena untuk meningkatkan itu harus dengan upaya yang luar biasa, tidak bisa dilakukan dengan cara biasa,” ujarnya,  Jumat (3/3).
Selain itu, Provinsi Banten juga diminta untuk melakukan penataan berbagai sektor dalam menunjang pariwisata, seperti penataan destinasi wisata dan akses jalan.
“Kita juga diminta penataan destinasi, aksesnya akses darat, kemudian cara memasarkan potensi destinasi yang ada. Diharapkan juga dengan adanya Tol Serang-Panimbang nanti turut menunjang pariwisata kita,” tuturnya.
Oleh karena itu, pihaknya berharap adanya sinergitas antar lembaga maupun stakeholder lain dalam upaya mengembangkan pariwisata di Banten.
“Saya sudah komunikasi dengan Pak Hadi (Kadis PU) untuk meminta ada pemetaan jalan-jalan yang menunjang pariwisata, mana saja yang kondisinya belum baik, walaupun misalnya jalan itu kewenangan kabupaten/kota, paling tidak pemprov mengetahui,” ujarnya. (Bayu)