Kementerian Lingkungan Hidup Tanam Ratusan Pohon di Kampus IAIN SMH Banten

SERANG – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) memberikan sebanyak 255 pohon kepada kampus Institut Agama Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (IAIN “SMH”) Banten. Penyerahan pohon tersebut sebagai wujud kepedulian pemerintah pada upaya penghijauan di lingkungan kampus-kampus yang ada di Banten, terutama di IAIN “SMH” Banten.

Direktur Perencanaan dan Evaluasi Pengendalian Daerah Aliran Sungai (PEPDAS), Djati Witjaksono Hadi mengatakan, kegiatan penanaman pohon di lingkungan kampus merupakan sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap lingkungan agar para akademisi kampus bisa mengajak masyarakat untuk lebih mencintai bumi dan lingkungan hidup. “Kegiatan merupakan program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menciptakan lahan hijau. Maka dari itu kami bekerja sama dengan IAIN, agar pihak kampus juga bisa mengerahkan mahasiswanya untuk sadar melindungi lingkungan dari degradasi lahan,” ujarnya usai melakukan penanaman pohon di lingkungan kampus IAIN “SMH” Banten, Rabu (3/8).

Peran kampus sangat penting, lanjut Djati, sebab mereka merupakan orang-orang yang dapat menggerakan masyarakat, terutama di wilayah tempat tinggal masing-masing mahasiswa. “Diharapkan setelah kegiatan penanaman pohon di lingkungan kampus, para mahasiswa nanti bisa menanam pohon di tempat tinggalnya masing-masing. Jadi nanti kami akan berikan pohon pada masyarakat agar nanti ditanam di daerah-daerah yang mengalami degradasi lahan,” paparnya.

“Kami sudah koordinasi dengan Dishutbun provinsi agar nanti masyarakat dilibatkan dalam mengatasi penanggulangan degradasi lahan. Yaitu dengan cara menanam pohon di lingkungan masyarakat. Bagi masyarakat yang minat, datangi saja Dishutbun, nanti mereka yang akan kasih pohonnya,” ujarnya.

“Pohon yang ditanam di kampus IAIN ini, berupa mahoni, jati, eukaliptus, albasia, tjampolay, dan buah-buahan seperti durian, rambutan, duku,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor IAIN “SMH” Banten, Fauzul Iman mengatakan, sangat mengapresiasi apa yang digagas KLHK. Sebab kegiatan ini dapat menjadi bahan kajian buat para mahasiswa IAIN. “Kami mendukung upaya pemerintah pusat, karena ini bisa jadi bahan kajian buat para mahasiswa ke depan. Sehingga para mahasiswa bisa terlibat banyak dalam mengatasi degradasi lahan yang ada di wilayah Provinsi Banten,” ujarnya. (AdeF)