Atlet Kempo Kabupaten Serang fokus berlatih jelang tampil di Porprov V Banten 2018 di Kabupaten Tangerang, November mendatang.    

SERANG-Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018 yang akan digelar di Kabupaten Tangerang pada November nanti, tim kempo Kabupaten Serang terus meningkatkan intensitas latihan. Pembentukan mental dan fisik atlet menjadi prioritas tim pelatih saat ini.

    Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Persaudaraan Kempo Indonesia (Perkemi) Kabupaten Serang, Rynal Asadiki mengatakan, lantaran pelaksanaan porprov masih panjang, untuk saat ini atlet kempo Kabupaten Serang masih menjalani program latihan umum. “Kami belum berbicara bagaimana meningkatkan kualitas teknik dan skill berlaga. Saat ini kami masih fokus terhadap pembenahan fisik dan mental. Sebenarnya kalau teknik dan skill bertanding semua atlet itu sama. Yang mebedakan nanti adalah fisik dan mental,” kata Rynal kepada Radar Banten, Kamis (3/5) sore.

    Rynal menambahkan, bukan berarti pihaknya mengeyampingkan kualitas teknik dan skill atlet. Program pelatihan teknik dan skill berlaga akan difokuskan pada saat jelang kompetisi berlangsung. “Ada tatapan latihan yang telah kami programkan, yakni tahapan umum, khusus, dan pra kompetisi. Untuk teknik dan skill kami masukkan pada program persiapan khusus dan pra kompetisi,” jelasnya.

    Sementara itu, Pelatih Kempo Kabupaten Serang, Ade Saefudin menyatakan, untuk meningkatkan kualitas atlet jelang berlaga di porprov nanti, pihaknya sangat membutuhkan peralatan penunjang latihan. Seperti sarung tinju, body protector, pelindung kepala, dan matras. “Kalau dibilang butuh ya sangat butuh sekali. Ini kan peralatan penunjang latihan, ya harus ada lah. Jujur saja, kami belum punya peralatan sendiri. Meski bekas, peralatan yang kami gunakan saat ini hasil dari minjam punya Pengprov Perkemi Banten. Untungnya di kempo memiliki persaudaraan yang kuat, jadi bisa saling membantu,” ucapnya.

    Kebutuhan akan peralatan semakin mendesak jelang digelarnya pemusatan pelatihan kabupaten (pelatkab) jelang menghadapi Porprov V 2018 di Kabupaten Tangerang. “Kalau bicara potensi atlet, Insya Allah kami punya banyak atlet berkualitas. Hanya saja kami butuh peralatan pendukung latihan. Untuk itu kami mohon KONI bisa membantu menyelesaikan beberapa kendala kami agar di porprov nanti kempo bisa berprestasi,” harap Ade. (dre/ags)