Kenaikan Harga Pangan di Bulan Ramadan Dinilai Wajar

Pj Bupati Lebak Ino S Rawita bersama Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Lebak mengecek harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Rangkasbitung, Rabu (16/5).

RANGKASBITUNG – Penjabat (Pj) Bupati Lebak Ino S Rawita bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) memantau harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Lebak, Rabu (16/5). Hasil pantauannya, diketahui telah terjadi adanya kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok.

Namun, Ino menilai kenaikan harga masih sangat wajar, karena tidak terlalu memberatkan masyarakat. “Saya bersama TPID memantau pergerakan harga. Di sini tidak ada lonjakan, harga masih biasa-biasa saja. Bahkan, daya beli masyarakat juga tampak cukup bagus,” kata Ino usai memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Rangkasbitung, kemarin.

Selain harga barang kebutuhan pokok yang stabil, pasokan ke pasar tradisional di Lebak juga masih aman. Ino yakin ke depan tidak akan terjadi lonjakan harga yang signifikan selama Ramadan 2018.

Ia berjanji Pemkab Lebak bersama satuan tugas (satgas) pangan dari Polres Lebak, Kodim 0603 Lebak, dan Kejari Lebak akan terus memantau pasokan serta harga kebutuhan pokok di pasaran. “Jangan ada yang main-main. Jika ada yang melakukan penimbunan atau menghambat distribusi barang ke Lebak maka segera laporkan. Mereka akan berurusan dengan Satgas Pangan,” katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak Dedi Rahmat membenarkan, secara umum kenaikan harga pangan menjelang Ramadan masih wajar. Begitu juga stok pangan di beberapa pasar tradisional masih aman.

Dedi optimistis ke depan tidak akan terjadi lonjakan harga yang signifikan. “Untuk harga daging memang ada kenaikan dari Rp120.000 menjadi Rp130.000. Tapi saya kira masih dalam batas wajar. Untuk harga komoditas lain masih normal,” ungkapnya.

Dijelaskannya, harga beras, gula, tepung terigu, daging ayam, minyak goreng, telur ayam, cabe merah keriting dan cabe merah besar masih relatif stabil. Sementara itu, untuk harga cabe rawit orange mengalami kenaikan, dari Rp42.000 menjadi Rp60.000 per kilogram. Harga bawang merah tidak mengalami kenaikan, yakni Rp20.000 dan bawang putih Rp28 ribu per kilogram. “Kenaikan harga pangan hanya terjadi pada beberapa komoditas saja. Jadi, enggak semuanya naik seperti tahun lalu,” paparnya.

Dedi berjanji, instansinya bersama anggota tim lain akan terus melakukan pemantauan harga pangan selama Ramadan dan menjelang lebaran. “Kita akan kerja sama dengan pedagang, Bulog, dan lembaga lain yang mengurusi masalah pangan. Targetnya, harga pangan tetap stabil selama satu bulan ke depan,” katanya. (Mastur/RBG)