The Good Dinosaur adalah film animasi terbaru  produksi Disney Pixar. Disutradarai oleh Peter Sohn, The Good Dinosaur adalah film petualangan yang seru dengan sisipan falsafah yang dalam soal menghadapi ketakutan. Mendorong anak untuk berani dan terus berbuat baik, serta menghargai perkawanan.

Untuk di Indonesia, The Good Dinosaur hadir dalam dua versi, yaitu berbahas Inggris dan berbahasa Indonesia. Pengisi suara untuk versi Bahasa Indonesia, salah satunya adalah aktor cilik Adam Farrel Xavier. Judul film dalam versi Indonesia adalah Dino yang Baik.

Plot film ini adalah perjalanan menarik di dunia dinosaurus, yang dilakukan oleh Apatosaurus bernama Arlo dan seroang anak manusia bernama Spot. Arlo melakukan perjalanan yang keras dan panjang, di mana sepanjang perjalanan itu Arlo banyak belajar soal cara mengatasi ketakutannya, dan menemukan potensi besar yangs elama ini tersembunyi dalam dirinya. 

Menariknya, sesuai dengan judulnya, sosok hewan langka dan buas seperti dinosaurus dapat diubah 180 derajat persepsinya dan dikemas menjadi tontonan yang sangat menghibur baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa.

Film berdurasi 100 menit ini sekaligus memberikan visual yang indah selama pemutarannya. Perjalanan menantang dilengkapi visual yang memanjakan mata, sungguh menjadi paduan layar lebar yang indah.

Namun sebelum menyaksikan film Dino yang baik/The Good Dinosaur, sobat nonton kenalan dulu dengan para karakter yang membuat film ini semakin lucu, haru, dan berwarna. Di bawah ini adalah rangkuman para karakter di film Dino yang baik/The Good Dinosaur, seperti yang dirangkum dari 21cineplex.com ;

 

arlo

Arlo

Dalam versi originalnya disuarakan oleh Jack McGraw dan Raymond Ochoa, namun untuk Dino yang Baik, Adam Farrel Xavier lah yang terpilih sebagai pengisi suaranya. Arlo adalah jenis Apatosaurus, herbivora dinosaurus. Sebagai seekor dinosaurus, Arlo tergolong penakut. Saat saudara-saudaranya berhasil mendapat ‘keberhasilan’, Arlo masih berkutat dengan ketakutannya.

 

spotSpot

Spot adalah satu-satunya manusia yang muncul di antara para dinosaurus. Bocah kecil yang hidup di hutan, sendirian, karena kehilangan keluarganya. Spot lah yang menemani Arlo selama perjalanan penuh bahaya, sifat Spot yang hidup di alam bebas menjadi kelucuan tersendiri, karena biarpun masih kecil, Spot adalah figur yang pemberani dan mampu bertahan dalam kondisi apapun.

 

poppaPoppa/Henry

Ia adalah ayah dari Arlo. Peranannya dalam film ini sangatlah penting, karena selain ia diperkenalkan pertama kali dalam film, Henry juga menjadi motivasi utama Arlo dalam menghadapi ketakutannya.

 

tundherclapThunderclap

Belum lengkap rasanya kalau belum ada sosok antagonis dalam sebuah cerita. Thunderclap menjadi perwakilannya, seekor burung yang gemar berburu. Ia akan memakan apapun yang memiliki daging, terlebih jika masih segar.

butchButch

Yang satu ini adalah penolong Arlo. Arlo bertemu dengan Butch di perjalanannya, yang tak disangka adalah, Butch mengajarinya banyak hal, cara bertahan hidup, bagaimana kerasnya alam liar, dan yang terpenting, Butch mengajarinya untuk tetap memiliki rasa takut, namun berusaha untuk melawannya.

Kelima karakter di atas adalah karakter penting yang membuat jalannya cerita Dino yang baik/The Good Dinosaur,menjadi lebih kaya akan dinamika. Kendati demikian, masih ada beberapa karakter yang juga tak boleh terlewatkan seperti Momma (ibu dari Arlo), Libby dan Buck (saudara kandung Arlo), juga Nash dan Ramsey (kawanan Butch yang ikut membantu Arlo dalam perjalanan).

Selamat menonton.