Kenali Tujuh Masalah Klasik dalam Percintaan

SETIAP pasangan pasti pernah mengalami masalah dalam hubungan percintaan. Berbagai masalah tersebut harus bisa diselesaikan dengan bijak agar hubungan tetap langgeng.

Masalah-masalah klasik seperti hadirnya orang ketiga, perbedaan prinsip, campur tangan orang tua, dan berbagai hal, bisa saja menyerang hubungan Anda.

Dilansir dari YourTango, Minggu (12/8), ada tujuh masalah klasik yang dihadapi pasangan. Mungkin Anda bisa mencoba solusi berikut.

  1. Kurang Komunikasi

Hubungan tidak sehat adalah hubungan di mana pasangan gagal berkomunikasi. Maka setiap pasangan perlu mengungkapkan perasaan dengan cara yang jelas. Apa yang diinginkan sebetulnya oleh masing-masing pihak.

Solusinya: Hindari komunikasi agresif atau pertentangan, karena akan memiliki efek yang sangat berlawanan. Duduklah dengan pasangan dan beri tahu mereka bagaimana perasaan Anda, tanpa menyalahkan mereka.

2. Kritik Terus Menerus

Perfeksionis pasti selalu merasa kekurangan. Tak puas dengan pasangan dan tergoda untuk melihat kekurangan pasangan. Maka terimalah apa kekurangan dan kelebihan pasangan apa adanya.

Solusinya: Pandanglah pasangan dengan sisi kesempurnaan. Bahwa memang tak ada yang sempurna di dunia ini. Kuncinya adalah saling menghargai.

3. Berdebat dalam Pembagian Tugas

Istri menuduh suaminya tidak perhatian pada anak. Suami menuduh istrinya tidak rapi dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Hal-hal seperti itu tak akan pernah ada habisnya. Maka pasti timbul perselisihan setiap saat.

Solusinya: Kalender tugas adalah solusi yang jelas untuk masalah ini. Maka masing-masing pasangan jelas menjalankan tugasnya.

4. Keseimbangan Karier

Hal ini adalah masalah klasik di mana kedudukan pria lebih rendah dari wanita dalam hal karier. Sebab biasanya banyak pasangan mementingkan waktunya untuk pekerjaan, dan pasangannya nomor dua.

Solusinya: Buat beberapa pengorbanan dan tetap seimbang dalam hal pekerjaan. Hargai pasangan dan beri waktu untuk mereka. Pasangan juga butuh perhatian.

5. Selingkuh

Selingkuh adalah bendera merah yang serius, yang menyebabkan perpisah perceraian. Biasanya tak ada maaf bagi pasangan yang selingkuh.

Solusinya: Hal terbaik adalah berbicara secara terbuka tentang hubungan dan temukan solusi cerdas untuk mengatasi ketidakpuasan. Pacaran yang nekat berselingkuh biasanya karena semula kurang perhatian.

6. Masalah Anak

Biasanya suami istri bertengkar ketika dianggap tak siap mendidik anak. Saling menyalahkan bisa menjadi pemicu pertengkaran.

Solusinya: Diskusikan apa alasannya di balik masalah tersebut. Jangan menghabiskan waktu dengan frustasi. Duduk bersama untuk membahas solusinya adalah hal tepat.

7. Uang

Masalah uang adalah masalah utama dan paling sensitif. Tentu masalah pengeluaran bisa memicu pertengkaran.

Solusinya : Hentikan perkelahian dan saling menyalahkan satu sama lain terlebih dahulu, karena ini hanya akan menyebabkan bertengkar lebih jauh. Kemudian, sebagai orang dewasa yang bertanggung jawab, atur anggaran untuk menutupi pengeluaran dan mengambil langkah-langkah sederhana. (ika/JPC)