Gubernur Banten Rano Karno saat meresmikan gedung SPKT Polda Banten.

SERANG – Kepala Badan Intelijen Negata (BIN) Sutiyoso hari ini berkunjung ke Provinsi Banten. Menurut Gubernur Banten Rano Karno, kunjungan ini menjadi salah satu indikator bahwa Banten merupakan salah satu daerah yang rawan tindakan kejahatan. Hal tersebut diungkapkan Rano Karno saat ditemui setelah meresmikan gedung  Sentra Pelayanan Kepolisan Terpadu (SPKT) Polda Banten di Markas Polda Banten, Rabu (23/12/2015).

“Memang rawan, dan hari ini pun kepala BIN akan datang ke Banten. Ini mengindikasikan bahwa kita harus meningkatkan kewaspadaan,” papar Rano Karno kepada sejumlah awak media.
Kata Rano, Polda Banten telah menyebutkan ada kelompok tertentu yang mengancam keamanan perayaan Natal dan Tahun Baru di Banten. Itu pun menjadi indikator lain yang menunjukkan bahwa Banten sebagai salah satu daerah yang rawan tindak kejahatan.

Menyikapi hal tersebut, Rano mengaku sudah melakukan koordinasi dengan pihak keamanan. Misalnya untuk pengamanan selama libur natal dan tahun baru, sekitar 7000 personel yang terdiri pihak kepolisian, TNI, pemerintahan dan organisasi basis masyarakat seperti pramuka diturunkan.

“Bahkan nanti akan ada pos-pos terpadu yang akan mengawal masa liburan tahun ini. Namun tentu kita pun membutuhkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan,” pungkasnya. (Bayu)