Kepala BKD: Kehadiran Pegawai di Atas 95 Persen

Pemprov Banten

SERANG – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Samsir menyatakan, kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di hari pertama kerja setelah libur hari raya Idul Fitri mencapai 95 persen. Hal tersebut diungkapkan Samsir saat mendampingi Gubernur Banten Rano Karno melakukan sidak di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, Senin (11/7).

Menurut Samsir, hasil tersebut setelah pihaknya menerima laporan absensi dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Banten. “Sebelumnya banyak yang mengajukan cuti, namun kita tolak, hanya sekitar lima orang yang diberikan izin,” ujar Samsir.

Menurutnya, para ASN yang bolos bekerja tersebut akan dikenakan sanksi, namun sanksi tersebut disesuaikan dengan tingkat kesalahan ASN tersebut. Samsir sendiri dalam kesempatan tersebut tidak menyebutkan jumlah ril ASN yang membolos tersebut.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, Gubernur Banten Rano Karno meminta kepada BKD untuk segera melaporkan kehadiran ASN tersebut kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Permintaan Gubernur Banten Rano Karno tersebut sendiri menyikapi surat edaran dari Kemen PAN-RB yang meminta kepada seluruh pemerintah daerah untuk melaporkan kehadiran ASN hari ini juga. “Segera laporkan itu ke Kemen PAN, di email saja,” ujar Rano. (Bayu)