Kepala BMKG Serang: Cuaca Buruk Ancam Daerah Pesisir dan Pegunungan

Kepala BMKG Serang
Kepala BMKG Serang, Parmin.

CILEGON – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kelas I Serang mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di sekitar pesisir pantai dan pegunungan untuk berhati-hati. Karena saat ini memasuki musim pancaroba, cuaca bisa berubah dengan cepat

Kepala BMKG Serang, Parmin mengatakan, ketinggian gelombang laut mencapai 1,25 sampai 1,75 meter. “Gelombang tersebut berpotensi menimbulkan angin kencang. Jadi masyarakat harus waspada terkait cuaca yang akan terjadi nanti,” katannya pada Radar Banten Online, Kamis (10/3/2016).

Sementara untuk aktivitas penyeberangan di perairan Pelabuhan Merak, Parmin menyarankan walaupun kondisi cuacanya aman, agar pihak ASDP tetap waspada menghadapi cuaca pancaroba tersebut. “Cuaca tak menentu, jadi tetap hati-hati terhadap munculnya gelombang tinggi,” ujarnya.

Bagi warga yang tinggal di perbukitan atau pegunungan, lanjut Parmin, juga menyarankan untuk waspada terhadap tanda-tanda munculnya awan gelap disertai angin kencang. “Cuaca ekstrim bisa menimbulkan bencana longsor dan angin puting beliung,” pungkasnya. (Ade F)