Keren, Satu RW 11 Destinasi Kunjungan

0
487 views

KRAMATWATU – Tim 35 Juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 dibuat berkeringat. Mereka harus mengunjungi 11 destinasi kunjungan di lingkungan RW 05, Perumahan Pegadingan Permai, Desa Pegadingan, Kecamatan Kramatwatu.

Kunjungan ke 11 destinasi kunjungan di dua RT di RW ini dilakukan juri karena harus dinilai. Dimulai dari taman berjemur, taman apotek hidup, padepokan pencak silat ASAD, taman bunga di RT 01, taman bunga di RT 02, kebun hidroponik, sanggar senam, taman bermain di RT 01, taman bermain di RT 02, inovasi sampah, dan peternakan domba.

Tim juri beranggota tiga orang ini tiba di RW 05 sekira pukul 10.30 WIB. Mereka langsung berkeliling menyusuri jalan perumahan. Bersih, hijau, dan berwarna.

Di setiap lokasi destinasi, tim disambut oleh ibu-ibu warga perumahan ini. Alhasil, proses penilaian RW 05 baru selesai sekira pukul 15.00 WIB.

Salah satu juri, Padri AS, menilai bahwa hasil penataan lingkungan RW 05 pada penilaian tahap dua, kemarin (2/12), meningkat dibandingkan saat penilaian tahap pertama pada awal November lalu. “Ada banyak perubahan. Kami sampai keringetan keliling-keliling,” tukasnya kepada Radar Banten.

Peningkatan itu, menurut Padri, bukan hanya soal kebersihan lingkungan. Warga RW ini juga mampu memanfaatkan lahan kosong menjadi ladang ketahanan pangan. Bahkan, limbah kotoran kambing disulap menjadi pupuk organik. Warga memanfaatkannya untuk menyuburkan tanamannya.

“Pupuk ini bisa menjadi sumber pendapatan desa jika terus dikembangkan,” ungkap Padri.

juri lainnya, perwakilan dari Kodim 0602/Serang Koptu Veredick Matulessy, menambahkan bahwa untuk kriteria keamanan, warga mampu memenuhinya. “Catatan tindak kriminalitas dan narkoba pun nihil,” ungkapnya. (mg06/don)