Kerja Keras Irna Buahkan Hasil

0
267 views
Bupati Pandeglang Irna Narulita

PANDEGLANG – Pemerintah Pusat menetapkan Kabupaten Pandeglang sebagai salah satu dari 62 kabupaten yang lepas dari predikat daerah tertinggal pada tahun 2019 ini.

Keputusan tersebut sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 79 tahun 2019 tentang Penetapan Kabupaten Daerah Tertinggal yang Terentaskan tahun 2015-2019 tertanggal 31 Juli 2019 di Jakarta.

Ditemui di kantornya, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pandeglang membenarkan Kabupaten Pandeglang telah lepas dari predikat daerah tertinggal. Prestasi itu, katanya, berdasarkan penilaian yang dilakukan pihak kementerian terhadap hasil pembangunan fisik dan non fisik di Kabupaten Pandeglang. “Alhamdulillah kita sudah tidak tertinggal lagi,” katanya kepada Radar Banten, Kamis (1/8).

Pery menerangkan, kriteria penilaian yang dilakukan itu meliputi aspek pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur, pelayanan kesehatan, tingkat perekonomian, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), pendapatan daerah, dan beberapa penilaian lainnya. “Mereka punya kriteria dan melakukan penilaian sebelum menetapkan lepas dari predikat daerah tertinggal, khususnya mengenai peningkatan pelayanan dasar masyarakat,” katanya.

Menurut Pery, keberhasilan tersebut merupakan kerja keras semua pegawai di lingkungan Pemkab Pandeglang, khususnya Bupati Irna Narulita dan Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban. “Ini merupakan hasil kerja keras kita selama ini, kami selaku pelaksana kebijakan dari visi dan misi Bupati tentunya merasa bersyukur dan bangga. Kami hanya pelaksana saja, karena kebijakan dan program kerja ada pada beliau-beliau (Bupati dan Wakil Bupati-red),” katanya.

Pery berjanji akan terus mempertahankan predikat tersebut dengan cara mengoptimalkan semua program kerja di masing-masing OPD, agar pelayanan dasar kepada masyarakat bisa terus dilakukan dengan prima.

“Kita akan pertahankan dan kita juga akan terus berusaha semaksimal mungkin agar Pandeglang tidak menjadi daerah tertinggal lagi. Program kerja yang ada akan kita tingkatkan, semuanya kita tingkatkan, termasuk pendapatan daerah,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Komisi I DPRD Pandeglang Habibi Arafat bangga atas prestasi yang diraih Pemkab Pandeglang tersebut.

Dia mengingatkan para pegawai agar terus mengoptimalkan pelayanan dasar masyarakat dan meningkatkan perekonomian masyarakat. “Kita tentunya bangga atas prestasi yang didapat itu. Tetapi ingat, prestasi yang saat ini didapat jangan sampai membuat Pemkab terlalu santai. Terus tingkatkan pembangunan di semua sektor, agar Pandeglang bisa menjadi daerah mandiri,” katanya. (dib/zis)