Kerusakan Jembatan Hamberang Dituding Akibat Truk Angkutan Batu Proyek Waduk Karian

Jembatan Hamberang di Cipanas ditutup sementara, karena sedang diperbaiki PUPR.

LEBAK – Warga Cipanas menuding kerusakan Jembatan Hamberang di Kampung Hamberang, Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, akibat angkutan batu proyek pembangunan Waduk Karian. Tiap hari, truk tronton pengangkut batu lalu lalang di Jalan Rangkasbitung – Cigelung dari Bogor menuju lokasi pembangunan waduk terbesar ketiga di Indonesia tersebut.

Manik Pramanik Nurman, tokoh pemuda Cipanas mengatakan, sudah lebih dari sebulan truk pengangkut batu melintas di jalan nasional tersebut. Saat Ramadan, badan jembatan sudah rusak dan setelah lebaran kerusakan jembatan makin melebar. Karena itu, Jembatan Hamberang ditutup sementara selama perbaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

“Sekarang, jembatan ditutup. Karena sedang diperbaiki oleh PUPR. Hanya kendaraan roda dua saja yang bisa melintas, sedangkan kendaraan roda empat harus berputar melalui Jalan Guradog,” kata Manik kepada Radar Banten, Jumat (5/6).

Persoalan angkutan batu, lanjutnya, telah disoroti Ikatan Keluarga Mahasiswa Cipanas (IKMC). Mereka dua kali melakukan aksi di ruas Jalan Rangkasbitung – Cigelung dan telah terjadi kesepakatan bahwa truk pengangkut batu hanya boleh melintas di malam hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Kami minta angkutan batu dari Bogor ke lokasi pembangunan Waduk Karian diawasi. Jika melebihi tonase jalan maka harus ada tindakan tegas dari aparat terkait,” ujarnya.

Camat Cipanas Oleh Najamudin membenarkan telah ada kesepakatan antara mahasiswa dengan pengusaha angkutan batu untuk pembangunan Waduk Karian. Angkutan batu yang biasanya beroperasi di siang hari maka dialihkan jam operasinya menjadi malam hari. 

“Iya, ada tuntutan dari rekan-rekan mahasiswa terkait dengan angkutan batu untuk pembangunan Waduk Karian. Kita fasilitasi dan dihasilkan kesepakatan. Intinya jam operasional truk berubah dari siang hari menjadi malam hari,” ungkapnya.(Mastur)