Kesadaran Akan Kebersihan Diharapkan Tumbuh

0
262 views

CIKEUSAL – Pemerintah Desa Gandayasa, Kecamatan Cikeusal, memaksa warga RW 04, Kampung Pasirgadung, untuk ikut Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Dengan lomba ini, kesadaran warga menjaga kebersihan lingkungan diharapkan bisa tumbuh.

“Kami baru mulai 27 Oktober, karena setelah ditawarkan ke semua RT, hanya RT 17 (di RW 04-red) yang mau, dan mereka juga baru beberapa waktu lalu menyatakan kesanggupannya. Sekarang warga sudah mulai bergerak. Kami akan fokus ke penghijauan,” kata Suji, Kepala Desa Gandayasa.

Menurut Suji, lingkungan RW 04 memang masih kurang bersih. ”LKBA tahun ini, pertama bagi kami. Tahun lalu bisa dibilang kami tidak ikut serta. Tahun ini saya paksakan untuk ikut agar kesadaran masyarakat bisa mulai tumbuh. Kalau enggak ikut lagi masyarakatnya enggak akan sadar-sadar,” tandasnya.

Subandi yang ditunjuk sebagai penggerak warga RW 04 menambahkan bahwa warga kampungnya akan lebih fokus pada penghijauan di pinggir jalan. “Kami memang baru mulai, tetapi kami akan berupaya agar penataan di kampung ini hasilnya bisa maksimal. Selain penghijauan dengan bunga, kebersihan juga akan kami utamakan,” tutupnya. (rio/don)