Kesadaran Warga RT 04 Kesatrian Mulai Terbangun

0
686 views

KASEMEN – Kampung jadi jauh lebih bersih. Sebagian besar warganya, tak lagi membuang sampah sembarangan. Perubahan pola hidup warga ini terjadi di RT 04 RW 08, Lingkungan Kesatrian, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen. Penyebabnya, keikutsertaan RT ini di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Kebersihan lingkungan memang menjadi perhatian utama di RT 04. Gerakan yang diusung pengurus RT ini telah membawa hasil. Perkampungan ini tak lagi kumuh oleh sampah yang berserakan.

“Mulai terasa perubahannya. Sekarang kalau membuang sampah ya di tempat pembuangan sampah,” tegas Ketua RT 04 Koko Abdul Qodir pada Minggu (2/8).

Menurut Koko, kendala terbesar yang dihadapinya adalah penghijauan. Warga sulit untuk menanam tumbuhan karena lahan perkampungan ini, dulunya adalah karang. Tanaman tidak bisa tumbuh.

“Dulu, di sini karang. Makanya, tidak bisa ditanami. Kami menyiasatinya dengan menggunakan pot yang ditanami bunga. Sekarang belum banyak, karena masih disemai,” tutur Koko.

Soal keamanan lingkungan, RT 04 memiliki fasilitas sebuah pos ronda. Warga telah membenahi tempat warga untuk ronda malam itu. Pos ronda RT 04 dicat warna-warni.  

“Pengecatan sudah kami lakukan. Nanti akan kami tambah lagi pengecatannya, supaya warna dari cat yang sudah pudar bisa kembali terlihat,” tambah Koko.

Namun, pos ronda RT 04 belum digunakan semestinya. Ronda malam belum dilaksanakan. “Belum ada jadwal ronda. Jadi, nanti, di lingkungan kami ada stasiun kereta api Merak-Rangkasbitung. Sekarang belum beroperasi. Kegiatan ronda akan diaktifkan apabila stasiun itu sudah beroperasi. Untuk sekarang, kami fikus bersih-bersih dulu,” jelas Koko.

Warga RT 04 Mus Mulyadi mengaku senang dengan keikutsertaan RT-nya di LRLA. Lomba ini, diakuinya, telah meningkatkan kekompakan warga RT 04 dalam menata dan menjaga kebersihan lingkungan.

“(RT 04-red) jadi beda dari sebelumnya. Semoga, ke depannya bisa lebih ditingkatkan lagi, khususnya kekompakan warganya,” harap Mus. (rio/don)