Kesal Jalan Rusak, Warga Tanam Pohon Pisang di Jalan Arief Rahman Hakim

LEBAK – Warga Kampung Tungku, Desa Pasarkeong, Kecamatan Cibadak, menanam pohon pisang di badan Jalan Arief Rahman Hakim yang rusak parah. Kerusakan jalan kabupaten dituding akibat kendaraan proyek pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang milik PT Wijaya Karya (WIKA).

Pantauan Radar Banten di lokasi, kondisi Jalan Arief Rahman Hakim sepanjang satu kilometer rusak berat dan berdebu. Badan jalan dihiasi lubang-lubang besar dengan diameter lebih dari satu meter. Bahkan di beberapa lokasi jalan bergelombang dan dipenuhi kerikil sehingga membahayakan keselamatan pengendara roda dua. Kesal dengan kondisi tersebut, warga kemudian menanam pohon pisang di Kampung Tungku, Desa Pasarkeong, Kecamatan Cibadak.

Bahkan, mantan Kepala Desa Pasarkeong Rustandi mengamuk di lokasi. Dia menuding penyebab jalan rusak akibat kendaraan proyek milik PT WIKA yang kerap hilir mudik di ruas jalan tersebut.

“Kerusakan jalan telah menyengsarakan masyarakat. Jalan menjadi rusak dan berdebu sehingga membuat warga di pinggir jalan mengalami sakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA),” kata Rustandi kepada wartawan, Kamis (22/8).

Emosi Rustandi kembali memuncak ketika melihat truk pengangkut tanah melintas di ruas jalan tersebut. Dia berupaya menghentikan truk tersebut, namun sopir dan kernet truk tetap melaju. Beberapa warga di sekitar lokasi penanaman pohon hanya menonton aksi dari mantan kepala desa tersebut. Namun mereka mendukung sikap Rustandi, karena masyarakat merasakan dampak dari kerusakan jalan.

Humas PT WIKA Heri Nariyan membantah kendaraan proyek pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang yang merusak Jalan Arief Rahman Hakim. Saat ini, intensitas kendaraan proyek di ruas jalan kabupaten ini sudah berkurang. Tapi, manajemen PT WIKA komitmen akan memperbaiki jalan yang rusak secara temporer.

“Kami enggak menutup mata terkait kerusakan Jalan Arief Rahman Hakim, karena itu kita rutin lakukan perbaikan dan siram badan jalan agar tidak berdebu,” tegasnya. (Mastur)