PT Dover Chemical.

CILEGON – Sebanyak 146 murid SDN Sumur Wuluh Rt 01 Rw 03, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol terancam kesehatannya. Pasalnya para murid dan dewan guru sering merasa pusing karena menghirup bau bahan kimia yang berasal dari Industri Kimia PT Dover Chemical.

Pantauan Radar Banten Online, Sekolah yang berjarak kurang lebih puluhan meter dari perusahaan kimia tersebut membuat proses kegiatan belajar mengajar terganggu. Mereka harus menahan bau yang menyengat sehingga mengganggu konsentrasi belajar di kelas.

Salah satu guru SD Negeri Sumur Wuluh Fatullah, salah mengaku kecewa dengan pihak perusahaan lantaran kurang peduli dengan efek pencemaran lingkungan. “Di sini kami terancam kesehatanya karena sering menghirup udara yang buruk. Bau itu membuat kepala pusing, kami sulit berkonsentrasi mengajar anak-anak, begitupun sebaliknya,” tuturnya, Minggu (31/1/2016).

Fatullah berharap kondisi ini tidak berlangsung lama. “Saya atas nama warga dan guru berharap agar perusahaan atau siapapun perhatikan kami. Karena bau bahan kimia dan pencemaran lingkungan perusahaan tersebut mengancam pendidikan dan kesehatan kami menurun,” keluhnya.

Dikonfirmasi atas keluhan pihak sekolah, Manajemen PT Dover, Dude melempar tanggung jawab kepada Ketua RW setempat. Ia berkilah bahwa yang seharusnya memberikan penjelasan terkait hal ini adalah Ketua RW. “Saya sudah berkordinasi dengan RW sekitar. Seharusnya tugas RW lah yang menjelaskan pada RT dan warga sekitar terkait persoalan ini, ” kata Dude saat dihubungi melalui telepon seluler.

Lebih lanjut, Dude menambahkan, pihaknya sudah mengantongi izin pembangunan usaha dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Cilegon sejak 2014 lalu. (Adef)