Kesehatan Masyarakat di Kibin Perlu Ditingkatkan

0
108 views
Masyarakat Kecamatan Kibin antusias mengikuti senam massal di depan kantor Kecamatan Kibin, Minggu (4/8). Foto Daru/ Radar Banten

SERANG – Pemerintah Kecamatan Kibin bersama pemerintah desa se-Kecamatan Kibin memperingati hari ulang tahun (HUT) RI ke-74 di depan halaman kantor Kecamatan Kibin, Minggu (4/8). Mereka menggandeng puskesmas menggelar perlombaan berbagai cabang olahraga dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat di wilayahnya.

Pantauan Radar Banten, ratusan warga mengikuti acara jalan santai dan senam massal. Kegiatan berlangsung meriah. Hadir Camat Kibin Imron Ruhyadi beserta jajaran, para kepala desa se-Kecamatan Kibin dan perangkat, tokoh masyarakat, termasuk tokoh pemuda yang ada di Kecamatan Kibin.

Camat Kibin Imron Ruhyadi mengungkapkan, kegiatan jalan santai dan senam massal diikuti 400 peserta dari perangkat desa, Komunitas Olahraga Sepeda (Kolase) Kibin, dan warga. “Tujuan digelarnya lomba berbagai cabang olahraga ini, kita ingin meningkatkan kesehatan masyarakat,” terang Imron.

Pihaknya juga sengaja menggandeng Puskesmas Kibin untuk mengontrol kesehatan masyarakat dengan melakukan imunisasi dan pemeriksaan kesehatan gratis. “Sering kita laksanakan di kantor kecamatan atau terjun langsung ke rumah-rumah,” katanya.

Dijelaskan Imron, kegiatan jalan santai menempuh jarak satu kilometer mengelilingi beberapa kampung di sekitar kantor Kecamatan Kibin. Setelah itu, acara dilanjutkan senam massal yang dipandu tiga instruktur senam. “Biar lebih semangat, senamnya diselingi pembagian doorprize,” terangnya.

Menurut Imron, kesehatan masyarakat di wilayahnya sudah baik. Namun, perlu ditingkatkan lagi agar masyarakat semakin produktif menjalankan aktivitas sehari-hari. “Kita selama ini fokus peningkatan ekonomi. Makanya harus ada peningkatan dari sisi kesehatan,” ujarnya.

Imron mengimbau, masyarakat rajin berolahraga minimal seminggu sekali. Selain harus memiliki rasa tanggung jawab yang besar menjaga kebersihan lingkungan. “Contoh kecilnya jangan buang sampah sembarangan, itu kesadaran yang harus dimiliki,” imbaunya.

Wardi, salah satu peserta jalan santai dari Desa Kibin menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan pemerintah kecamatan dan desa dalam memperingati hari kemerdekaan. Menurutnya, acara menjadi ajang rekreasi bagi keluarganya. “Saya ikutan acara ini sekeluarga, seru juga bisa olahraga bareng,” ujarnya. (mg06/zai/ags)