SERANG – Rano Karno masih punya waktu paling lambat hingga Juli 2015 mendatang untuk menentukan siapa wakil yang akan mendampinginya memimpin Provinsi Banten. Jika setelah bulan Juli, Rano belum dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, maka kursi Wakil Gubernur Banten akan kosong tak terisi.

Rano memiliki kesempatan menunjuk wakil gubernur dengan usulan kepada Mendagri paling lambat 15 hari kerja setelah dirinya dilantik menjadi Gubernur Banten definitif. “Kalau sampai Juli belum dilantik kemungkinan tidak ada wakil gubernur. Ya Rano Karno tidak punya wakil,” terang Ketua Divisi Teknis KPU Provinsi Banten Saeful Bahri kepada radarbanten.com, melalui sambungan telpon, Kamis (26/2/2015).

Mengenai mekanisme penentuan wakil gubernur, Saeful menjelaskan bahwa tidak ada perubahan mekanisme dalam hal ini. “Partai pengusung Atut-Rano yang mengajukan nama wakilnya. Seperti mekanisme yang sudah ada,” katanya.

Perbedannya, lanjut dia, jika mengacu pada revisi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015, tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota. Di sana disebutkan secara eksplisit bahwa Gubernur definitif akan dilantik langsung oleh Presiden di Istana Negara. Sementara itu, wakil gubernur akan dilantik oleh Presiden melalui Mendagri. “Jadi bukan lagi dilantik pada sidang paripurna istimewa di DPRD lagi,” ujarnya. (Wahyudin)