Keseruan HUT ke-74 RI di Lapas Pemuda Tangerang: Latih Keberanian, Gelar Lapas’Da Got Talent

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) asal Lapas Kelas IIA Tangerang unjuk gigi dalam event Lapas'Da Got Talent, Selasa (13/8) lalu.

Kemeriahan HUT ke-74 RI tak hanya dirasakan warga biasa. Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang pun ikut memeriahkan Hari Proklamasi Indonesia itu.

HAIRUL ALWAN – Tangerang

Senyum bahagia terlihat dari raut wajah para WBP Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang Selasa (13/8) lalu. Mereka menyatu dalam kemeriahan Lapas Pemuda (Lapas’Da) Got Talent yang diadakan sepekan terakhir ini. Meski berada di balik jeruji besi, ternyata para pemuda yang ada di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang mempunyai bakat-bakat tersendiri. Dari 100 peserta yang diseleksi sejak Kamis (8/8) hingga Senin (12/8) lalu, akhirnya ada sekira 25 peserta terbaik yang tampil menghibur para WBP, pengunjung dan petugas lapas.

Satu persatu WBP unjuk gigi bak peserta profesional. Mulai dari stand up comedy, band akustik, ceramah dan banyak penampilan lainnya. Dalam pelaksanaan Lapas’Da Got Talent itu bahkan diikuti WBP yang merupakan WNA asal Spanyol. Dia menyanyikan lagu Spanyol.

Selain untuk memeriahkan HUT RI, pencarian bakat ini dapat menjadi wadah untuk memperlihatkan kemampuan yang dimiliki para WBP Lapas Pemuda. ”Dengan diadakannya kegiatan seperti ini, bakat-bakat yang mereka miliki dapat terlihat. Jika memang ada bakat yang bisa dikembangkan, nanti akan terus kami latih hingga pada saat kembali ke masyarakat bakat tersebut bisa menjadi bekal bagi mereka,” kata Kalapas Pemuda Kelas IIA Tangerang Jumadi kepada Radar Banten, Rabu (14/8).

Agenda yang bertujuan melatih keberanian para WBP untuk tampil di depan banyak orang banyak ini, juga menjadi hiburan warga binaan. Kasubsi Bagian Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan Narapidana (Bimkemaswat) Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang Gilang Riflianto mengungkapkan, pencarian bakat Lapas’Da Got Talent ini dibuat sama seperti pencarian bakat lainnya. “Untuk hadiahnya kami berikan barang yang bermanfaat dan dapat digunakan di dalam lapas,” ungkap  pria yang menjadi ketua panitia kegiatan itu.

Salah satu peserta mengatakan sangat senang mengikuti kegiatan ini. “Senanglah bisa dijuriin sama Riko jebolan Indonesian Idol dan Mudi Taylor salah satu komedian Indonesia. Saya sih berharap menang. Tapi kalau tidak menang pun, tak apa, yang penting bisa memeriahkan HUT RI,” ujar Babeh, salah satu peserta Lapas’Da Got Talent. (*)