Ketika Penyair Bicara Politik Lewat Puisi

0
91
Hari Peringatan Puisi Nasional di Dewan Kesenian Banten, Kota Serang, Sabtu (28/7) malam.

SERANG – Puisi bukan hanya mengenai keakuan, juga bisa berbicara dan bercerita mengenai politik dansosial yang berkembang di masyarakat. Bahkan perilaku praktik politik lebih banyak mengecewakan rakyat.

“Saya objektif apa yang terjadi, apa yang kasat direspons sebagai penyair dengan cara menuliskan puisi. Tentu saja kalau yang buruk dikritisi, yang baik dihormati. Puisi saya juga begitu. Kalah ada kegiatan atau perilaku dari para pelaku politik yang kurang baik tentu saja harus dituliskan dengan cara dikritisi, tapi kalau memang perilakunya baik, ya harus dipuji. Bukan dicaci maki,” ungkap Toto St Radik, pegiat seni ini usai menyampaikan manuskrif puisinya yang terbaru pada acara Hari Peringatan Puisi Nasional di Dewan Kesenian Banten, Kota Serang, Sabtu (28/7) malam.

Penyair yang sudah menulis puisi sejak SMP ini melihat praktik-praktik politik bukan hanya di Serang, Banten, tapi seluruh Indonesia, masih sering mengecewakan rakyat. Ada perilaku yang tidak pas, tetapi selalu dilakukan, misalnya money politic, janji -janji yang tidak dipenuhi.

“Dan itu realitas dikehidupan kita. Sebagai penyair saya harus menuliskan atau mengkritisi itu semua melalui puisi, bukan dengan ke jalan bukan mencaci-maki dan sebagainya, tentu saja dengan kekuatan kata-kata itu,” ungkapnya.

Terus terang, jelas Toto, ia lebih  banyak mengkritisi karena memang kalau tidak ada yang mengkritisi itu berbahaya. “Di Banten sendiri masih banyak praktk politik yang belum pas dan belum sejalan, mereka  kan punya  adagium politik itu membolehkan menghalalkan cara. Kemudian politik itu tidak ada kawan dan lawan, yang ada hanya kepentingan,” ucapnya.

Kata Toto yang juga pengasuh Majelis Puisi komunitas Rumah Dunia ini, adagium seorang politisi itu digunakan dengan sesuka hati sehingga jika ada kekeliruan akan berkilah itu dinamika politik. “Itu uang harus dikritisi, terutama para pegiat seni,” ucalnya. (Anton su/antpnsutompyl1504@gmail.com).