Ketua Dewan Akan Maksimalkan Peran dan Fungsi DPRD Provinsi Banten

DPRD Provinsi Banten

DPRD Provinsi Banten
Ketua DPRD Provinsi Banten, Asep Rahmatullah.

SERANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten, Asep Rahmatullah mengaku akan memaksimalkan peran dan fungsi DPRD Provinsi Banten dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. Hal tersebut pun telah disampaikan Asep saat menjadi narasumber pada acara Forum Dialog Pimpinan DPRD Provinsi Banten yang diselenggarakan Sub Bagian Layanan Aspirasi Masyarakat Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Banten di Hotel Ledian Serang, Senin (25/1/2016) malam, dengan tema “Peningkatan Peran dan Fungsi DPRD Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.”

Menurut Asep, keinginannya tersebut akan diwujudkan secara garis besar dengan empat cara. Yaitu dengan penetapan perubahan jadwal kegiatan reses DPRD, meningkatkan fungsi pengawasan, meningkatkan fungsi penganggaran, dan meningkatkan fungsi pembuatan peraturan daerah (Perda).

“Misalnya, kegiatan reses DPRD yang biasanya dilaksanakan menjelang Idul Fitri dan tahun baru, maka pada perubahan APBD Tahun Anggaran 2016 nanti, akan diubah dengan menyesuaikan jadwal pembahasan Musrenbang yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Banten,” kata Asep, Rabu (27/1/2016).

Asep meyakini, penyesuaian jadwal kegiatan reses DPRD dengan Musrenbang bakal menghasilkan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Provinsi Banten yang lebih matang, terukur dan terarah, karena sesuai dengan Pasal 96 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, ayat (3) Dalam rangka melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), DPRD provinsi menjaring aspirasi masyarakat.

“Selama ini, hasil kegiatan reses DPRD di masing-masing Dapil tidak terakomodir dalam pembahasan Musrenbang Provinsi dan Kabupaten/Kota. Akibatnya, apa yang menjadi harapan dan keinginan masyarakat tidak terpenuhi seperti perbaikan infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan, pembangunan masjid, dan mushola. Jika jadwal kegiatan reses DPRD disesuaikan dengan pelaksanaan Musrenbang sudah pasti keinginan masyarakat terpenuhi,” ujarnya.

Asep menambahkan, dalam waktu dekat ini ia akan mengundang tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Provinsi Banten dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi, dengan agenda membicarakan program kerja DPRD pada Tahun Anggaran 2016. “Dalam pertemuan nanti dengan TAPD, kami akan memaparkan program kerja DPRD pada tahun 2016, salah satunya mengenai pembahasan anggaran, karena kami ingin dalam penetapan anggaran program dan kegiatan SKPD sesuai dengan RPJMD, hasil kegiatan reses DPRD, dan Musrenbang,” tandasnya. (DPRD Provinsi Banten/ADVERTORIAL/Bayu)