Ketua Dewan Kesenian Jakarta: LGBT Bukan Penyakit Kejiwaan!

Irawan Karseno
Irawan Karseno. (Foto: Mesya Mohamad/JPNN.com)

JAKARTA Ke‎tua Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) Irawan Karseno menegaskan, LGBT bukan penyakit kejiwaan. Itu sebabnya tidak selayaknya LGBT dijadikan sebagai golongan teranulir.

“Kenapa ada LGBT, karena ada kromosomnya yang menonjol. Misalnya, dia terlahir laki-laki, tapi kromosom perempuan yang lebih kuat sehingga dia menyukai laki-laki. Lagi pula yang mengharuskan laki-laki menyukai perempuan kan ajaran agama tertentu,” ujar Irawan kepada JPNN, di sela-sela National Workshop on the Periodic Reporting of the UNESCO 2005 Convention on the Protection and Promotion of the Diversity of Cultural Expressions‎ di Jakarta, Selasa (1/3/2016) seperti dilansir laman jpnn.com.

Dia menambahkan, apa yang dikatakan masyarakat tentang LGBT adalah penyakit kejiwaan, salah besar. WHO sendiri sudah menyatakan LGBT bukan penyakit kejiwaan tapi sudah ada sejak yang bersangkutan lahir.

“Saya menyesalkan berbagai pendapat masyarakat tentang LGBT, yang membuat kaum LGBT semakin tersudutkan dan menyembunyikan identitasnya,” tandasnya. (esy/jpnn)