Ketua KPU Kota Cilegon: Pemilu Lancar dan Damai

CILEGON – Proses pemilu 2019 di Kota Cilegon berjalan lancar, damai, dan aman. Tidak ada gangguan dan kecurangan yang ditemukan selama proses pesta demokrasi itu berlangsung.

Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi usai Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu mengungkapkan, bersyukur karena selama penyelenggaraan pemilu tahun ini mulai dari tahapan kampanye hingga rekapitulasi suara berjalan lancar, aman, damai, dan kondusif.

Bahkan pemilu tahun ini, lanjut dia, partisipasi masyarakat cukup tinggi, mencapai 85 persen. “Salah satu faktornya adalah pilpres sehingga animo masyarakat sangat tinggi,” tuturnya.

Kemudian, proses rapat pleno rekapitulasi suara dari level PPK hingga KPU Kota Cilegon berlangsung lancar dan tidak ada gugatan berarti dari peserta pemilu.

“Sempat ada Partai Demokrat, minta klarifikasi terkait perbedaan data, tapi seperti yang dilihat, tadi langsung kita buktikan, kita buka kembali plano, dan hasilnya memang tidak ada,” ujar Irfan.

Irfan melanjutkan, lancarnya penyelenggaraan pemilu sejak awal hingga akhir tidak lepas dari peran serta seluruh stakeholder di Kota Cilegon, baik pemerintah, kepolisian, TNI, tokoh masyarakat, ormas, serta masyarakat secara umum.

Apresiasi serta ucapan terima kasih atas terselenggaranya pemilu secara aman, lancar, dan damai dilontarkan Kapolres Cilegon AKBP Rizki Agung Prakoso. Ia berterima kasih keapda seluruh pihak yang telah bahu membahu serta berkontribusi dalam penyelenggaraan pemilu.

“Saya rasa pemilu damai ini bisa terwujud karena peran semua pihak, terutama masyarakat yang mau menggunakan hak pilihnya secara tertib,” tutur Rizki.

Sebagai bagian dari unsur pengamanan, ia berterima kasih kepada pihak-pihak lain seperti TNI, Satpol PP, serta linmas yang bekerja sama membagi tugas menjaga proses pemilihan presiden hingga wakil rakyat. (Bayu M)