Ketua MPR-RI Angkat Bicara Soal Kasus Siti Aisyah

0
503 views
Ketua MPR-RI Zulkifli Hasan.

SERANG – Kasus pembunuhan kakak tiri pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam, yang menyeret Siti Aisyah menjadi tersangka dan kini masih ditahan Polis Diraja Malaysia, membuat Ketua MPR-RI Zulkifli Hasan angkat bicara.

Ia menegaskan, bahwa pemerintah harus penuh membela dan memberikan perlindungan pada warga negara Indonesia (WNI) yang tersangkut kasus hukum apapun. Terutama WNI yang berada di luar Indonesia seperti Siti Aisyah.

“Negara mesti hadir dan membela Siti Aisyah, itu warga negara Indonesia yang harus mendapat perlindungan hukum. Negara mesti jelas membela kepada warga negara yang ada persoalan. Harus itu. Negara harus lebih intens lagi membela warganya,” ujarnya usai memberikan kuliah umum terkait sosialisasi empat pilar kebangsaan di gedung auditorium Untirta, Selasa (28/2).

Zulkifi menambahkan, agar tidak terjadi lagi kasus yang sama. Semua warga negara harus bersinergis dan perkuat koordinasi antar lembaga hukum. “Untuk mengantisipasi hal serupa yang menimpa Aisyah, Zulkifli meminta warga negara yang bekerja atau apapun di luar negeri kalau ada hal yang mencurigakan, aneh-aneh yang kurang dimengerti atau ekstremisme segera koordinasi dengan Kedutaan setempat. Sejauh ini, peran Kemenlu sudah bekerja, dan informasinya sudah bertemu dengan Aisyah di Malaysia,” tandasnya. (Ade F)