Ketua MUI : Aksi Teror Itu Haram!

Net. ILUSTRASI
Net. ILUSTRASI

SERANG – Ajakan jihad dengan membuat teror dikecam oleh pihak Majlis Ulama Indonesia (MUI). Bahkan MUI langsung memfatwa haram untuk masyarakat muslim yang turut serta membuat teror kepada masyarakat dengan mengatasnamakan ‘jihad’ di jalan Islam.

“Terorisme itu buka jihad, ada distorsi pemahaman di masyarakat kita. Jihad itu bisa dilakukan kalau di wilayah perang dan sasarannya jelas. Seperti merebut Indonesia dari tangan Belanda. Di sana ada resolusi jihad itu benar. Kalau sekarang Indonesia damai, akalu ada yang mengajak jihad itu tidak benar,” jelas Ketua MUI Ma’ruf Amin usai mengikuti acara silaturahmi BIN dan ulama di Gedung PWNU Banten, Rabu (23/12/2015).

Baca Juga : Kepala BIN Minta Masyarakat Waspadai Campur Tangan Asing

Lebih lanjut, Ma’ruf Amin menyarankan untuk masyarakat beragama untuk hidup berdampingan. “Muahadah, menghargai, kekerasan pengeboman tidak sesuai dengan jihad. MUI sudah lama memfatwa teroris itu haram, dari 2005 terus kita sosialisasi. Bahwa terorisme itu bukan jihad.”

Terkait keberadaan ISIS sendiri, Ma’ruf Amin menilai tidak sesuai dengan prinsip seorang muslim. “Kalau di sana ISIS di Indonesai itu tidak relevan.” (Wahyudin)